Pemprov Bengkulu Belum Berencana Terapkan PSBB Atasi Covid-19

Pemprov Bengkulu Belum Berencana Terapkan PSBB Atasi Covid-19
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. (Foto: Pemprov Bengkulu)
Usmin / LES Selasa, 7 April 2020 | 09:06 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sampai saat ini belum berencana untuk melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Untuk saat ini, kita belum berpikir untuk memberlakukan PSBB untuk mengatasi penyebaran virus corona di wilayah Bengkulu, karena penyebaran virus ini belum terjadi skala besar dan belum meluas ke kabupaten yang ada di daerah ini," kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, di Bengkulu, Senin (6/4/2020).

Ia mengatakan, untuk melaksanakan PSBB di Bengkulu sebagai upaya menghentikan penyebaran virus corona harus ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi. Salah satunya wabah corona sudah masif hingga ke pelosok desa dan jumlah warga yang terjangkit virus mematikan setiap hari terus meningkat.

"Jika beberapa syarat ini sudah terjadi di Bengkulu, baru kita melaksanakan PSBB. Sementara sampai kini penyebaran virus corona di Bengkulu, masih biasa dan tidak termasuk zona merah penyebaran Covid-19. Jadi, penerapan PSBB tidak bisa dilakukan di daerah ini, dan Pemprov Bengkulu juga belum berencana untuk melaksanakanya," ujarnya.

Rohidin menambahkan, berbagai program yang sudah dilaksanakan Pemprov Bengkulu bersama tim gugus satuan tugas (Satgas) dalam mengatasi penyebaran Covid-19 di daerah ini sudah tepat.

Kebijakan yang dilakukan Pemprov Bengkulu, melarang orang sakit masuk ke daerah ini, sudah tepat untuk mengatasi penyebaran virus. Demikian pula melarang warga untuk menggelar pesta pernikahan, rapat, dan berkumpul melibatkan orang banyak merupakan salah satu cara memutus rantai penyebaran virus di daerah ini.

Demikian pula imbauan yang disampaikan Pemprov Bengkulu ke masyarakat agar diam di rumah, belajar di rumah, bekerja dari rumah, membiasakan jaga jarak jika berinteraksi dengan orang lain, pakai masker dan mencuci tangan pakai sabun, jaga kesehatan dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi.

"Jika semua imbauan yang disampaikan Pemprov Bengkulu kepada masyarakat daerah ini dapat dipatuhi dan dilaksanakan dengan baik, maka penyebaran virus di Bengkulu dapat kita atasi dengan baik," ujarnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com