Sembuh dari Covid-19, Ajudan Wagub Sumut Sebutkan Jangan Takut dan Berdoa

Sembuh dari Covid-19, Ajudan Wagub Sumut Sebutkan Jangan Takut dan Berdoa
Proses desain dan uji laboratorium akurasi test kit yang diberi nama NUSANTARA TFRIC-19. Pengembangan test kit ini dilakukan oleh Nusantics. ( Foto: Ist )
Arnold H Sianturi / JEM Selasa, 7 April 2020 | 13:25 WIB

Medan, Beritasatu.com - Ajudan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah, Ori Kurniawan menyampaikan, kunci utama untuk bisa menikmati indahnya kehidupan setelah dinyatakan positif terinfeksi corona (Covid-19), yaitu memanjatkan doa kepadaNya dan tidak takut  atas penyakit yang sedang dialami.

"Tidak bisa dipungkiri, awalnya saya sangat ketakutan ketika dinyatakan positif Covid-19. Ketakutan itu juga saya rasakan ketika menjalani perawatan. Saya pun berdoa dan kemudian bangkit untuk kesembuhan," ujar Ori Kurniawan setelah diperbolehkan pulang oleh pihak medis, Senin (6/4/2020).

Ori mengatakan, ketakutan pasien Covid-19 dalam menghadapi penyakit yang mematikan itu dipastikan tidak akan membawa kesembuhan. Sebaliknya, dengan kemauan keras dari pasien positif corona untuk sembuh merupakan pintu masuk memusnahkan virus di dalam tubuh.

"Selain memanjatkan doa, kemauan keras untuk kesembuhan dan dukungan keluarga, semangat yang diberikan pihak medis juga sangat luar biasa saat merawat saya. Dokter dan perawat selalu mendampingi saya selama berada di ruang isolasi. Berkat penanganan mereka saya sembuh," katanya.

Ori juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih sebesar - besarnya kepada pihak medis yang berjuang keras menolong para pasien terpapar Covid-19, termasuk menolong dirinya sehingga bisa dinyatakan sembuh. Ori merupakan orang kedua yang dinyatakan sembuh di Sumut. Sebelum Ori, dokter Maliana yang sebelumnya positif, juga dinyatakan sembuh.

"Selama menjalani perawatan oleh tim medis di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Haji Adam Malik Medan, saya diberikan obat - obatan. Selain itu, juga diberikan makanan, telur rebus sebanyak 3 kali dalam sehari, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E," ungkapnya.

Ori menambahkan, telur maupun vitamin yang diberikan dokter tersebut, bermanfaat untuk menambah daya tahan tubuh. Selain itu, pihak medis juga mengecek tensi darah, suhu tubuh, oksigen yang ada di otak. Ori mendapatkan penanganan medis itu sejak dinyatakan positif dan menjalani perawatan sejak 26 Maret 2020.

"Saya tidak mengetahui tertular dimana. Kemungkinan setelah dari Jakarta. Pesan saya kepada masyarakat harus tetap mewaspadai virus ini dan taat dalam mengikuti anjuran pemerintah. Jangan keluar rumah, rajin cuci tangan dan atur jarak. Gunakan masker jika terpaksa keluar rumah. Jangan jemput penyakit ini," imbaunya.

Adapun gejala yang dirasakan sebelum pemeriksaan kesehatan, sambung Ori, mengalami kelainan tubuh seperti, batuk dan sesak pada saluran pernapasan, badannya lemas tidak seperti biasanya. Saat mengalami itu, Ori mengaku merasakan tidak enak badan saat melakukan aktivitas.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah pun masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) setelah ajudannya itu dinyatakan positif corona. Musa Rajekshah juga menjalani pemeriksaan menggunakan rapid test dan tes swab untuk memastikan kondisi kesejatannya terkait Covid-19 itu.

"Saya sudah dua kali melakukan tes kesehatan. Pemeriksaan pertama sama dengan ajudan. Hasilnya dinyatakan negatif. Begitu juga dengan tes swab. Rapid test pada 26 Maret kemarin dinyatakan negatif. Swab test yang kedua hasil keluar tanggal 5 April negatif. Alhamdulillah," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Musa Rajekshah yang akrab dengan sapaan Ijeck ini mengimbau, masyarakat tidak panik dalam menghadapi pandemi corona tersebut. Masyarakat diminta terus mengikuti petunjuk dan anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona itu.

"Jangan lupa untuk terus memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Masyarakat tidak boleh putus asa, khususnya yang terinfeksi Covid-19 ini, harus memiliki keyakinan untuk bisa disembuhkan. Peranan masyarakat juga dibutuhkan dalam memerangi virus ini," sebutnya. 



Sumber: BeritaSatu.com