Komisioner KPK Yakin Syarifuddin Bakal Bersih-bersih di MA

Komisioner KPK Yakin Syarifuddin Bakal Bersih-bersih di MA
ayar menampilkan "live streaming" Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial Syarifuddin memberikan pidato saat Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 dari Gedung MA di Jakarta, Senin (6/4/2020). Hakim Agung Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 menggantikan Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun. (Foto: ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A)
Fana Suparman / JAS Selasa, 7 April 2020 | 21:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango menyampaikan selamat atas terpilihnya Muhammad Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025. Nawawi meyakini Syarifuddin bakal membawa MA menjadi lebih baik.

"Saya titip ucapan selamat saja kepada beliau. Selamat atas amanah Yang Mulia sebagai Ketua MA yang ke-14. Saya percaya sosok beliau akan mampu membawa MA lebih baik ke depannya," kata Nawawi saat dikonfirmasi, Selasa (7/4/2020).

Nawawi Pomolango meyakini, Syarifuddin bakal menaruh perhatian yang besar pada pembinaan dan pengawasan insan peradilan. Termasuk membersihkan dunia peradilan dari praktik korupsi. Hal ini mengingat rekam jejak Syarifuddin yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas MA dan Ketua Kamar Pengawasan MA.

"Dengan latar belakang beliau yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas MA, tentu akan lebih banyak perhatian kepada pembinaan dan pengawasan terhadap insan Mahkamah Agung untuk bersih dari praktik-praktik korup dan kolusi," katanya.

Untuk itu, Nawawi percaya, Syarifuddin memahami hal-hal yang harus dikerjakannya untuk membenahi dan meningkatkan kinerja MA. Terutama, menumbuhkan kepercayaan publik pada badan peradilan tertinggi di Indonesia tersebut.

"Ketua MA yang baru memahami apa yang harus dibenahi dan ditingkatkan MA ke depannya, khususnya dalam upaya lebih menumbuhkan kepercayaan publik terhadap lembaga Mahkamah," kata Nawawi yang juga berlatar hakim.

Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial, Muhammad Syarifudin terpilih sebagai Ketua MA periode 2020-2025 menggantikan Hatta Ali yang memasuki masa pensiun. Dalam putaran kedua Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA di Gedung MA, Jakarta yang disiarkan melalui layanan livestreaming, Senin (6/4/2020), Syarifuddin memperoleh suara terbanyak dengan 32 suara dari 47 suara. 



Sumber: BeritaSatu.com