Kondisi 2 Pasien Positif Covid-19 di RSUD Yunus Bengkulu Terus Membaik

Kondisi 2 Pasien Positif Covid-19 di RSUD Yunus Bengkulu Terus Membaik
Paramedis menangani pasien terinfeksi virus "corona". (Foto: AFP / Alberto Pizzoli)
Usmin / JAS Selasa, 7 April 2020 | 22:50 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Kondisi kesehatan dua pasien positif terpapar virus corona atau Covid-19, yang kini menjalani perawatan secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yunus Bengkulu, terus membaik.

Kepala Dinkes Bengkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Selasa (7/4/2020) mengakui kedua pasien positif terjangkit virus corona yang menjalani perawatan di RSUD Yunus Bengkulu, kesehatannya terus membaik.

"Kita doakan saja kedua pasien terpapar virus corona ini kesehatan terus membaik, sehingga mereka sembuh dan selamat dari serangan virus mematikan tersebut," ujarnya.

Dua pasien positif Covid-19, yang kini menjalani perawatan di RSUD Yunus Bengkulu, katanya, merupakan karyawan salah satu bank swasta di Bengkulu, dan satu lagi keluarga dekat dari karyawan bank tersebut.

Kedua pasien Covid-19 ini, masuk RSUD Yunus Bengkulu, pekan lalu dan kini masih menjalani perawatan secara intensif. Karyawan bank swasta di Bengkulu, ini sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke daerah zona merah virus corona, yakni Jakarta.

Pulang dari Jakarta pasien ini melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, tetapi setelah dua minggu menjalani isolasi pasien ini mengalami deman tinggi, tenggorokan sakit, serta kepala pusing.

Korban langsung dibawa ke rumah sakit dan dilakukan pengambilan sampel. Selanjutnya sampel di kirim ke Balitbang Kemkes di Jakarta dan hasilnya positif. Pasien langsung dirawat di RSUD Yunus Bengkulu.

Untuk memastikan keluarga pasien tidak terjangkit virus corona, petugas Dinkes Bengkulu melakukan tes sampel terhadap 4 anggota keluarga pasien bersangkutan dan hasilnya 3 orang dinyatakan negatif dan satu orang positif.

"Anggota keluarga pasien yang positif langsung kita rujuk ke RSUD M Yunus Bengkulu untuk menjalani perawatan secara intensif. Perkembangan terakhir, kondisi kedua pasien terus membaik dan kita berharap mereka segera sembuh total," ujarnya.

Herwan Antoni mengatakan, sampai saat ini total warga Bengkulu masuk ODP Covid-19 sebanyak 460 orang. Rinciannya sebanyak 178 orang dinyatakan sehat, dan PDP sebanyak 12 orang, 2 orang positif corona dan sebanyak 280 orang dalam proses pemantuan.

Dari jumlah 460 kasus virus corona tersebut, ada 4 orang pasien PDP meninggal dunia. Dua dari 4 PDP Covid-19 yang meninggal dunia merupakan warga luar Bengkulu, dan 2 orang lagi merupakan warga daerah ini.

"Mereka ini diduga terjangkit virus corona di luar Bengkulu. Indikasi ini dasarkan mereka terjangkit virus corona setelah kembali dari daerah yang berjangkit Covid-19, di antaranya Jakarta, Lampung, dan Yogyakarta," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com