Antisipasi Corona, Pemkab Rejang Lebong Bagikan 500.000 Masker

Antisipasi Corona, Pemkab Rejang Lebong Bagikan 500.000 Masker
Petugas membagikan masker kain untuk pengemudi angkutan umum. ( Foto: ANTARA FOTO / Arif Firmansyah )
Usmin / JAS Rabu, 8 April 2020 | 16:15 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Menyikapi imbauan pemerintah pusat agar masyarakat keluar rumah harus menggunakan masker, Pemkab Rejang Lebong akan membagikan masker sebanyak 500.000 lembar kepada masyarakat daerah ini. Pembagian masker ini sebagai antisipasi virus corona atau Covid-19.

"Kita akan bagikan 500.000 masker kepada warga Rejang Lebong gratis sebagai upaya antisipasi terjangkit virus corona," kata Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, di Bengkulu, Rabu (8/4/2020).

Ia mengatakan, pembuatan masker sebanyak 500.000 lembar ini melibatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  (UMKM) yang ada di Rejang Lebong, dan pembuatan masker sedang dikerjakan.

"Kita harapkan pembuatan masker dapat berjalan lancar sehingga dapat diselesaikan tepat waktu. Dengan demikian, masker ini segera dibagikan kemasyarakat Rejang Lebong," ujarnya.

Hijazi menambahkan, saat ini masyarakat Rejang Lebong kesulitan mendapatkan masker karena stoknya mengalami kelangkaan, khususnya masker untuk kebutuhan petugas medis.

Hal yang sama juga terjadi pada masker biasa. Pasalnya persedianya di Rejang Lebong juga kosong. Karena itu, untuk mengatasi kebutuhan masyarakat pemkab membuat sebanyak 500.000 buah masker.

Bantuan masker ini diberikan kepada masyarakat sebagai upaya antisipasi terjangkit virus corona yang tengah mewabah di Tanah Air, termasuk di Bengkulu.

Pemkab Rejang Lebong juga mengimbau masyarakat agar tidak terjangkit virus corona selain menggunakan masker setiap keluar rumah juga selalu jaga jarak bila berinteraksi dengan orang lain dan membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun serta tidak mendatangi tempat berkumpul orang banyak.

Warga Rejang Lebong juga diminta tidak keluar rumah bila tidak penting sekali dan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, sayur-sayuran disertai rajin berolahraga.

"Jika imbauan ini dapaf dilaksanakan dengan baik maka warga akan terhindar darii ancaman terjangkit virus corona atau Covid-19," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com