Pandemi Covid-19

Kelas Pintar Siap Bantu Sekolah Lakukan Ujian Mandiri Secara Online

Kelas Pintar Siap Bantu Sekolah Lakukan Ujian Mandiri Secara Online
Fernando Uffie, Country Manager PT Extramarks Education Indonesia. ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 9 April 2020 | 09:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Meluasnya penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah mengambil langkah cepat dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik.

Pemerintah memilih kebijakan tersebut, untuk 'mengerem' laju Covid-19 yang menular cepat melalui kontak fisik, baik lewat percikan air liur atau droplet maupun udara. Inilah mengapa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya membatalkan Ujian Nasional (UN) tahun 2020.

Baca: Pemkot Bogor Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Founder Kelas Pintar, Fernando Uffie, mengatakan, keputusan pemerintah membatalkan UN adalah langkah yang tepat. Ini penting untuk meminimalisir dampak penyebaran virus corona, khususnya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan siswa, guru, orang tua dan pihak terkait lainnya.

"Kami percaya bahwa melawan corona bukan hanya tugas pemerintah, tapi kita semua. Untuk itu, kami di Kelas Pintar siap berkontribusi dengan memberikan kemudahan bagi para siswa, guru, dan sekolah dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di tengah pandemi corona," ujar Uffie kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (9/4/2020) pagi.

Baca: Cegah Dampak Corona, Kelas Pintar Gratiskan Layanan

Oleh karena itu, lanjut Uffie, Kelas Pintar berinisiatif memberikan akses Kelas Pintar Regular secara gratis untuk sekolah selama tahun ajaran 2019/2020. Solusi belajar online ini mampu mengintegrasikan guru di sekolah dengan siswa yang belajar di rumah. Dilengkapi juga dengan fitur tugas atau assessment, yang memungkinkan interaksi guru dan siswa layaknya kegiatan belajar mengajar di sekolah seperti memberikan tugas dan ujian beserta laporan hasil ujiannya.

"Integrasi guru dan siswa dalam Kelas Pintar Regular juga memungkinkan untuk digunakan dalam melaksanakan ujian mandiri secara online. Di mana, guru dapat membuat soal sendiri sesuai dengan standar masing-masing sekolah atau menggunakan soal dari Kelas Pintar yang sudah terstandardisasi sesuai kurikulum nasional," terang Uffie.

Baca: Hanya 2 Kecamatan di DKI Bebas Covid-19

Jika guru atau sekolah berminat membuat soal sendiri, Kelas Pintar menyediakan fitur tugas. Dimana guru dapat membuat soal ujian sesuai dengan kelas, mata pelajaran, bab, bobot atau nilai soal, jumlah soal, durasi dan petunjuk pengerjaan. Bahkan, soal ujian dapat dibuat dalam bentuk soal pilihan ganda atau soal essay. Setelah soal ujian selesai dibuat dapat disimpan atau langsung dikirim ke masing-masing siswa, sesuai dengan kelas dan mata pelajarannya.

Uffie menambahkan, untuk bisa memanfaatkan solusi yang ditawarkan oleh Kelas Pintar tersebut, pihak sekolah dapat langsung menghubungi Kelas Pintar melalui email info@kelaspintar.id atau melalui live chat di laman kelaspintar.id.

Baca: Fitur Soal Bantu Siswa Hadapi Ujian

"Kami berharap, solusi yang kami berikan ini bisa membantu pihak sekolah dalam menentukan kelulusan serta kenaikan kelas dari siswa-siswinya dan hak siswa di seluruh Indonesia untuk bisa belajar dan mendapatkan pendidikan, tetap dapat dilakukan, walaupun dengan cara yang berbeda yakni secara online," pungkas Uffie.



Sumber: BeritaSatu.com