Gotong Royong 9 Fraksi, DPR Luncurkan Satgas Lawan Covid-19

Gotong Royong 9 Fraksi, DPR Luncurkan Satgas Lawan Covid-19
Ilustrasi Sidang Paripurna DPR ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Markus Junianto Sihaloho / JAS Kamis, 9 April 2020 | 14:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menghadapi pandemi Covid-19, para anggota DPR bersatu dan bergotong royong membentuk Satgas Lawan Covid-19, yang berniat membantu Pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi di tiap daerah.

Peluncuran Satgas tersebut dilaksanakan secara virtual dengan dihadiri Ketua DPR Puan Maharani serta dua wakil ketua, Azis Syamsudin dan Sufmi Dasco Ahmad, di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Menurut Puan, Satgas ini dibentuk untuk membangun sinergi dari para donatur yang peduli dalam melawan Covid-19 untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit rujukan atau Puskesmas di daerah.

"Termasuk memenuhi kebutuhan dasar atau sembako masyarakat yang terdampak ekonomi dari wabah Covid-19,” kata Puan Maharani.

Satgas akan bertugas menghimpun sumbangan dari para donatur di daerah pemilihannya masing-masing. Lalu memastikan sumbangan itu didistribusikan ke rumah sakit rujukan atau puskesmas.

Pendistribusian bantuan akan dipantau Satgas Lawan Covid-19 melalui satuan-satuan kerja di daerah. Mekanisme kerja dari Satgas ini akan dilakukan melalui aplikasi atau website SatgasLawanCovid19.com.

“Aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan 132 rumah sakit rujukan serta puskesmas-puskesmas. Bila membutuhkan alat kesehatan, mereka bisa langsung mengisi form di aplikasi tersebut untuk kebutuhan tiga bulan ke depan,” tutur Ketua DPR.

Mekanisme yang sama berlaku dalam penyaluran bantuan sembako. Puan menyatakan pada tahap awal, bantuan sembako akan difokuskan kepada masyarakat terdampak ekonomi di wilayah Jabodetabek. “Akan segera dilakukan pendataan oleh tiap-tiap kelurahan. Masing-masing lurah dapat mengisi data jumlah orang yang terdampak ekonominya karena Covid-19 ini,” katanya.

Wakil Ketua DPR-RI Sufmi Dasco Ahmad ditunjuk sebagai koordinator Satgas Lawan Covid-19. Menurut Puan, pola kerja dan komunikasi Satgas akan diselenggarakan melalui website SatgasLawanCovid19.com.

"Kami berharap, melalui Satgas Lawan Covid-19 ini, anggota DPR dapat ikut memperkuat kerja bersama, bergotong royong, dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, memperkuat upaya penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang terpapar virus Covid-19, serta membantu masyarakat yang tidak mampu yang terdampak secara ekonomi,” pungkas Puan.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pembentukan satgas ini merupakan kesepakatan sembilan fraksi di DPR. Pendanaannya sama sekali tak diambil dari kas negara.

"Pembentukannya tak menggunakan anggaran DPR, tapi memakai anggaran iuran anggota dewan dan para anggota dewan bergotong royong membantu menyumbang di daerah masing-masing melalui satgas," ujar Dasco.



Sumber: BeritaSatu.com