Baru Tiba di Kualanamu, Ratusan TKI Dikarantina Terkait Covid-19

Baru Tiba di Kualanamu, Ratusan TKI Dikarantina Terkait Covid-19
Bandara Internasional Kualanamu Medan. ( Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin )
Arnold H Sianturi / JAS Kamis, 9 April 2020 | 14:48 WIB

Medan, Beritasatu.com - Sebanyak 134 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan perincian 94 orang laki-laki dan 40 orang perempuan, yang dipulangkan dari Malaysia, menjalani proses karantina di Gedung Candika kawasan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) setelah tiba menggunakan pesawat di Bandara Kualanamu.

Seluruh TKI yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) terkait Covid-19 ini langsung dikarantina selama 14 hari setelah tiba dengan menumpang pesawat Malaysia Air Lines dengan nomor penerbangan MH860, Kamis (9/4/2020). Ini merupakan gelombang pertama pemulangan TKI.

"Proses karantina ini dilakukan petugas gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, sebagai tindak lanjut petugas mengantisipasi penyebaran Covid-19," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas I Medan, Priagung Adhi Bawono.

Priagung menyampaikan, pemeriksaan awal atas kondisi kesehatan terhadap seratusan TKI yang dipulangkan dari Malaysia, juga susah dilakukan petugas di Bandara Kualanamu. Petugas memeriksa suhu tubuh menggunakan thermo scanner, penyemprotan disinfektan dan rapid test.

"Hasil pemeriksaan secara keseluruhan dinyatakan negatif Covid-19. Kedati demikian, mereka tetap dalam pengawasan selama 14 hari ke depan. Status mereka saat ini masih Orang Tanpa Gejala. Ini dilakukan petugas juga demi kebaikan bersama, termasuk TKI yang baru tiba itu," terangnya.

Asisten Manajer Malaysia Air Lines, Hendra menyampaikan, seratusan TKI yang dipulangkan dari Malaysia itu memiliki masalah menyangkut izin tinggal, menggunakan paspor pelancong namun ternyata diketahui bekerja.

"Pemulangan 134 TKI dari Malaysia yang tiba di Bandara Kualanamu merupakan gelombang yang pertama. Untuk gelombang kedua, ada sebanyak 136 TKI dengan rincian 100 orang laki-laki, dan 26 perempuan, yang juga tiba di Bandara Kualanamu sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka menumpangi pesawat Malaysia Air Lines dengan nomor penerbangan MH864," sebutnya. 



Sumber: BeritaSatu.com