Mendikbud: Dana BOS Bisa untuk Beli Kuota Internet Siswa

Mendikbud: Dana BOS Bisa untuk Beli Kuota Internet Siswa
Mendikbud Nadiem Makarim ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Maria Fatima Bona / FER Kamis, 9 April 2020 | 21:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, untuk mendukung pembelajaran dari rumah selama masa pandemi Covid-19 ini, guru dan siswa dapat mengunakan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) untuk membeli kuota internet.

Baca: Mendikbud Realokasi Anggaran Pendidikan untuk Corona

"Dana BOS ini bisa digunakan untuk membeli kuota internet bagi guru dan siswa selama masa krisis ini untuk menambah subsidi kuota internet,” kata Nadiem Makarim dalam telekonferensi peluncuran Program Belajar dari Rumah, di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Kendati demikian, Nadiem menyebutkan, pengunaan dana BOS untuk pembelian kuota ini dapat dilakukan oleh sekolah setelah ada persetujuan dari kepala sekolah sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam pengelolaan dana BOS.

Baca: Skema Baru Dana BOS Disambut Positif

Menurut Nadiem, berdasarkan kebijakan penggunaan dana BOS, kepala sekolah memiliki diskresi untuk menentukan pengunaan dana BOS. Dalam hal ini, kepala sekolah diberikan fleksibilitas.

Nadiem menuturkan, fleksibilitas dana BOS ini termasuk bagian dari konsep merdeka belajar episode ke-tiga yang berfokus pada meningkatkan fleksibilitas dan otonomi bagi para kepala sekolah untuk menggunakan dana BOS sesuai dengan kebutuhan sekolah yang berbeda-beda.

Baca: Kemdikbud Gandeng 12 Mitra Dukung Belajar di Rumah

"Namun, hal ini diikuti dengan pengetatan pelaporan penggunaan dana BOS agar menjadi lebih transparan dan akuntabel," tegas Nadiem Makarim.

Menurut Naidem, transfer langsung ke sekolah agar penggunaan dana BOS lebih fleksibel, karena mempertimbangkan kondisi setiap yang berbeda-beda. "Dengan perubahan kebijakan ini, pemerintah memberikan otonomi dan fleksibilitas penggunaan dana BOS," pungkas Nadiem.



Sumber: BeritaSatu.com