Aparat Tewaskan Dua KKB yang Tembak WNA di Freeport

Aparat Tewaskan Dua KKB yang Tembak WNA di Freeport
Barang bukti yang berhasil dirampas dari KKB pimpinan Jonli Botak di Mimika, Papua. (Foto: ist)
Farouk Arnaz / YUD Jumat, 10 April 2020 | 16:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Aparat gabungan berhasil menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Jonli Botak yang menyerang komplek PT. Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Mimika, Papua Senin (30/3/2020).

Baca juga: TNI-Polri Kejar KKB Penembak Mati WNA Freeport

Dua orang berhasil ditembak mati dan seorang berhasil ditangkap hidup. Aparat berhasil menjejak merekq setelah mengendus kurir yang mengantar makanan pada mereka.

Baca juga: KKB Tembak Mati WN Selandia Baru di Kompleks Freeport

“Kamis (9/4/2020) pukul 05.30 WIT di jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti Distrik Iwaka, Mimika telah dilakukan penindakan tegas terhadap KKB yang melakukan penembakan di PT FI di Kuala Kencana pada tanggal 30 Maret 2020 lalu,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Jumat (10/4/2020).

Baca juga: Polisi Tangkap Pemasok Senjata KKB

Pengungkapan bermula pada Selasa (7/4/2020) saat polisi berhasil mengamankan enam orang yang diduga akan menyuplai bahan pokok ke KKB. Dari sini aparat gabungan berhasil menemukan tempat persembunyian kelompok tersebut.

“Aparat gabungan langsung melakukan penindakan dan sempat terjadi kontak tembak. Dari kontak tembak tersebut dua orang anggota KKB meninggal dan seorang berinisial IS berhasil diamankan dan saat ini berada di Mapolres Mimika untuk proses hukum lebih lanjut,” imbuh Kamal.

Barang bukti berupa:
1. 1 Buah Air Soft Gund merek Glock;
2. 1 Buah Senjata Rakitan;
3. 162 Butir Peluru;
4. 10 Buah Selongsong;
5. 20 Buah Hp;
6. 2 Buah Ht;
7. 3 Buah Bendera Corak Bintang Kejora;
8. 3 Buah Kampak;
9. 3 Buah Busur Panah;
10. 90 Buah Anak Panah;
11. 11 Buah Parang;
12. 7 Buah Senapan Angin;
13. 11 Buah Potongan Bagian Senapan Angin.

Seperti diberitakan tiga orang karyawan tertembak dimana satu korban meninggal dunia dan dua orang mengalami luka-luka. Yang meninggal adalah Graeme Thomas Weal, 57 tahun, asal Selandia Baru.

Sementara Jibril MA Bahar, 49 tahun, luka akibat terkena tembakan pada perut bagian kanan dan paha bagian kanan, dan Ucok Simanungkalit, 52 tahun, luka pada siku kanan dan punggung belakang.

Kuala Kencana merupakan kawasan perkantoran dan permukiman PT. Freeport Indonesia yang berada di dataran rendah Timika. Biasanya KKB menyerang di kawasan dataran tinggi.



Sumber: BeritaSatu.com