IGI Apresiasi Dana BOS Digunakan untuk Pembelian Kuota Internet

IGI Apresiasi Dana BOS Digunakan untuk Pembelian Kuota Internet
Ilustrasi belajar di rumah. ( Foto: Antara )
Maria Fatima Bona / FER Jumat, 10 April 2020 | 17:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim, memberikan apresiasi tinggi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang telah mengizinkan penggunaan dana bantuan operasional sekolah (dana BOS) untuk pembelian kuota internet bagi guru dan siswa.

Baca: Dana BOS Bisa untuk Beli Kuota Internet Guru dan Siswa

Menurut Ramli, kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, pengunaan dana BOS untuk membeli kuota data guru dan siswa merupakan oase di tengah padang pasir karena bertumbangannya satu per satu guru-guru yang tengah menjalankan proses kelas maya.

"Dalam proses pembelajaran virtual class atau kelas maya. Memasuki minggu keempat, dan satu persatu guru penggerak ini bertumbangan bahkan termasuk siswa yang juga satu persatu mengundurkan diri karena keterbatasan paket kuota internet,” kata Ramli dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Baca: Kemdikbud Gandeng 12 Mitra Dukung Belajar di Rumah

Ramli menuturkan, pihaknya menunggu aturan tertulis yang dikeluarkan Mendikbud berupa Permendikbud tentang perubahan petunjuk teknis (juknis) dana BOS atau aturan lain yang secara tertulis bisa menjadi dasar harus segera dikeluarkan Kemdikbud.

Ramli mengatakan, pentingnya aturan resmi karena Inspektorat di daerah tidak bisa menerima jika hanya sekedar omongan atau bincang-bincang yang sampaikan Mendikbud. "Karena tidak bisa menjadi acuan, harus segera di buat produk hukum tertulis,” ujar Ramli.

Baca: Nadiem Dukung Kebijakan Pemda Meliburkan Sekolah

Menurut Ramli, kepala sekolah tidak akan berani membuat kebijakan tanpa dasar hukum tertulis dari Kemdikbud harus segera membuat acuan tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com