Hari ini, Kasus Penambahan Positif Covid-19 di Yogyakarta Zero

Hari ini, Kasus Penambahan Positif Covid-19 di Yogyakarta Zero
Sejumlah pusat perbelanjaan di Yogyakarta menerapkan sanitasi dengan menyediakan sarana cuci tangan kepada calon pembeli. ( Foto: Suara Pembaruan/Fuska Sani )
Fuska Sani Evani / EAS Jumat, 10 April 2020 | 20:21 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com -  Hari ini, Jumat (10/4/2020) petang, tidak terjadi penambahan kasus positif Covid-19 di wilayah Yogyakarta. Juru Bicara Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih, mengatakan total jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) positif Covid-19 tetap 40 orang, dan tiga orang lagi dinyatakan sembuh sehingga total menjadi 10 orang.

Tiga orang sembuh itu semua warga Sleman yakni laki-laki umur 36 tahun warga Sleman (kasus 8), laki-laki umur 14 tahun warga Sleman (kasus 18), dan laki-laki umur 27 tahun warga Sleman (kasus 26).

Terjadi satu kematian yakni laki-laki umur 70 tahun warga Sleman yang masih dalam proses uji lab. Pasien juga memiliki riwayat penyakit komorbid dan berusia lanjut.

Sementara itu, seorang bayi berusia satu bulan sempat menyandang status PDP, akhirnya diperbolehkan pulang dari RSUD Panembahan Senopati, Bantul, seusai dinyatakan negatif.

Kepala Humas RSUD Panembahan Senopati, Siti Rahayu Ningsih mengatakan, balita tersebut dirawat di rumah sakit plat merah ini sejak 26 Maret lalu, dengan gejala-gejala yang mengarah Covid-19, sehingga diberi status PDP. Pasien langsung menjalani dua kali swab test pada 27 dan 30 Maret, kemudian dikirimkan ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. Pada Rabu (8/4/2020), dinyatakan negatif berdasar dua kali tes.

Sebelum hasil swab test keluar, pasien menjalani perawatan intensif di ruang pediatric intensive care unit (PICU) rumah sakit setempat.

"Karena (swab test) sudah dua kali negatif, maka pasien diperbolehkan pulang. Sedangkan untuk kondisi orang tua, semuanya sehat," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com