Pelni Karantina Kapal KM Lambelu
Logo BeritaSatu

Pelni Karantina Kapal KM Lambelu

Senin, 13 April 2020 | 16:13 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero melakukan karantina pada kapal KM Lambelu sebagai bentuk tindak lanjut dari pemberlakuan portstay kapal di Pelabuhan Makassar. Langkah ini juga diambil berdasarkan hasil pemeriksaan sampel terhadap 42 petugas kapal dan adanya indikasi terpapar tanpa gejala pada 24 orang petugas kapal.

Saat ini seluruh petugas kapal menjalani isolasi secara mandiri di atas kapal dengan jarak 2 mil dari darat dengan pengawasan yang ketat dari manajemen dan otoritas pelabuhan serta Kantor Kesehatan Pelabuhan di Makassar.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro menyampaikan, sebagai perusahaan yang memberikan jasa dan pelayanan bagi publik, para petugas kapal memiliki potensi risiko terpapar yang sangat tinggi.

"Mengingat para petugas kapal bertugas untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat maka mereka selalu bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Ada kemungkinan para petugas terjangkit dari pembawa virus (carrier) karena petugas selalu berada di atas kapal," ungkap Yahya dalam keterangannya, Senin (13/4/2020).

Saat ini, lanjut dia, perusahaan juga terus melakukan peningkatan pengawasan terhadap kesehatan seluruh petugas kapal. Sebelumnya, dalam menghadapi pandemi Covid-19 seluruh petugas kapal telah diinstruksikan untuk meningkatkan kewaspadaan serta menjalankan seluruh SOP kesehatan sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan terkait penanganan Covid-19.

Manajemen Pelni juga telah melengkapi seluruh petugas kapal dengan APD serta membekali multivitamin sebagai upaya dalam meningkatkan imunitas para ABK.

Menyikapi kejadian ini, Yahya menjelaskan bahwa manajemen akan memberikan batasan ruang gerak bagi para penumpang. "Demi keamanan dan kenyamanan bersama serta guna meminimalisir interaksi antara petugas dengan penumpang, maka manajemen akan menerapkan kebijakan bagi penumpang untuk diberikan akses pada deck tertentu saja," tambahnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Yahya juga menegaskan kepada seluruh otoritas di pelabuhan untuk menerapkan protokol penanganan Covid-19 sesuai arahan pemerintah.

"Kami mengharap kerja sama berbagai pihak untuk meningkatkan pengawasan terhadap penumpang. Dimulai dari screening masuknya penumpang di terminal pelabuhan sampai dengan dermaga sebagai awal dari upaya pencegahan penyebaran covid-19 di atas kapal," jelasnya.

Selain itu, imbauan juga disampaikan kepada seluruh calon penumpang untuk benar-benar memastikan kondisi kesehatan sebelum bepergian dengan kapal Pelni.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Puluhan Ribu Desa Bentuk Tim Relawan Tanggap Covid-19

Sekitar 20.708 desa telah membentuk relawan desa lawan Covid-19. Para relawan ini bertugas untuk melakukan sosialisasi pencegahan hingga pendataan penduduk.

NASIONAL | 13 April 2020

Wali Kota Tanjungpinang Positif Covid-19

Syahrul dirawat di ruang isolasi di RSUP Kepri. Kondisi Wali Kota Tanjungpinang Syahrul relatif stabil, meski tubuhnya sudah dipasang ventilator.

NASIONAL | 13 April 2020

Tambah 316, Total Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Jadi 4.557

Achmad Yurianto menyebutkan data 12-13 April 2020, terdapat penambahan kasus positif virus corona 316 Total kasus positif Covid-19 di Indonesia yakni 4.557.

NASIONAL | 13 April 2020

Fraksi PPP: Bereskan Aturan Pembatasan Transportasi

Kalau alasan Kementerian Perhubungan adalah demi membantu driver ojek online, faktanya Pemerintah sudah menyiapkan stimulus sebesar Rp 400 triliun lebih.

NASIONAL | 13 April 2020

Puluhan ABK KM Kelud Diduga Terpapar Covid-19

ABK berinisial TF positif Covid-19, dan begitu juga ketika memeriksa 39 orang rekan ABK tersebut.

NASIONAL | 13 April 2020

Tak Penuhi Kriteria, PSBB Kota Palangkaraya Belum Diterapkan

Menkes Terawan Agus Putranto menolak usulan Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk menerapkan pembatasan sosial berskala besar.

NASIONAL | 13 April 2020

Pimpinan MPR Minta Pemerintah Terbuka Soal Kartu Prakerja

Pemerintah harus memastikan bahwa persyaratan bagi penerima kartu prakerja itu tak membuat frustasi hanya karena hal semacam persyaratan.

NASIONAL | 13 April 2020

Banyak Warga Jateng di DKI Belum Terima Bansos, Ganjar Hubungi Anies

Ada sekitar tujuh juta warga Jateng yang mengadu nasib di Jakarta dan kota besar lainnya seperti Bodetabek.

NASIONAL | 13 April 2020

Dampak Covid-19, 1.200 Pekerja di Bengkulu Terkena PHK

Sebagian besar pekerja yang terkena PHK itu, bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit dan pabrik.

NASIONAL | 13 April 2020

Doni Monardo Minta Gugus Tugas Daerah Terintegrasi Data Covid-19

Dengan data terpadu seluruh unsur baik dari TNI/Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat bersinergi dengan Dinas Kesehatan yang ada di daerah.

NASIONAL | 13 April 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS