BCA Luncurkan Lab Uji Software di Yogyakarta

BCA Luncurkan Lab Uji Software di Yogyakarta
Ilustrasi BCA. (Foto: Istimewa)
Fuska Sani Evani / JEM Senin, 13 April 2020 | 18:11 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menjaring talenta Informasi Teknologi (IT) terbaik di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan program BCA SYNRGY Academy dan Jogja Development Lab (JDL) di Yogyakarta.

Executive Vice President Digital Innovation Solutions BCA, Jayaprawirya Diah dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/4/2020), BCA konsisten menghadirkan digital innovation untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dan beragam solusi perbankan berbasis digital.

Dalam program BCA SYNRGY Academy dan JDL tersebut, BCA ingin membuka peluang seluas-luasnya bagi talenta muda khususnya yang ada di Yogyakarta untuk mengekspresikan diri dalam bidang IT.

“Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong BCA untuk terus berinovasi di bidang digital. Namun sayangnya, kemajuan teknologi tidak diimbangi dengan jumlah dan kualitas talent yang mumpuni. Oleh sebab itu, kami memberikan sebuah wadah bagi talenta IT yakni BCA SYNRGY Academy sebagai tempat pendidikan nonformal,” kata Jayaprawirya Diah.

Dikatakan, BCA SYNRGY Academy meurpakan program beasiswa yang diberikan kepada talenta IT di Indonesia melalui program bootcamp dengan kurikulum yang berfokus pada pembelajaran berbasis proyek untuk membekali siswa peserta bootcamp dengan pengetahuan teknis & keterampilan interpersonal sehingga dapat menjadi tenaga kerja profesional (ready to use).

Selain program edukasi di bootcamp, salah satu benefit yang didapat para siswa lulusan BCA SYNRGY Academy juga akan disalurkan ke dunia kerja yang membutuhkan talenta IT.

Untuk menjalankan program bootcamp angkatan pertama itu, BCA menjalin kerja sama dengan Binar Academy. Diharapkan kerja sama dengan Binar Academy ini bisa memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang lagi yang ingin berkecimpung ke dalam dunia digital.

President Director Binar Academy, Alamanda Shantika mengatakan, Binar Academy percaya bahwa banyak talenta di Indonesia yang mempunyai kemauan dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh berbagai industri dan juga transformasi digital selalu dimulai dari people (orang),” ujarnya.

Selain itu, BCA SYNRGY Academy juga menyediakan coworking space, sebuah ruang bersama bagi para siswa peserta program bootcamp dimana mereka bisa belajar, bekerja, serta mengikuti community event dan workshop secara gratis. Selain para siswa, startup di Yogyakarta juga bisa mendaftar menjadi anggota untuk mendapat fasilitas coworking space gratis selama memenuhi persyaratan dan lolos seleksi.

Namun, di tengah merebaknya pandemi Covid-19, BCA dan Binar Academy memprioritaskan kesehatan, rasa aman dan kenyamanan bagi semua yang terlibat di program ini, dengan menjalankan program secara online dan fasilitas coworking space juga ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.

Ditambahkan Vice President Application Management BCA, Carolina Ratna Sari Dewi, BCA juga meluncurkan Jogja Development Lab (JDL) di Yogyakarta, yang merupakan bagian terintegrasi dari tim IT BCA yang berada di luar Jakarta, dengan mengemban beberapa misi utama yaitu agar lebih dekat dengan IT Talent yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

“JDL juga diharapkan dapat membangun relationship dengan komunitas di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, baik dengan cabang dan bisnis BCA, praktisi IT dan civitas akademisi IT,” katanya.

Sesuai namanya yang mengusung kata “Lab”, JDL akan menjadi semacam laboratorium bagi perusahaan untuk uji coba dalam pengembangan software. Para IT talent yang tergabung dalam JDL dapat belajar dan meningkatkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadikan IT BCA sebagai organisasi IT yang berkelas dunia.

“BCA SYNRGY Academy dan JDL ini merupakan langkah nyata dari BCA sebagai bentuk keseriusan dan komitmen kami dalam menjaring digital talent terbaik. Harapannya adalah melalui program ini, akan tumbuh bibit-bibit unggul di bidang IT dan dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi service excellence kepada nasabah dan masyarakat luas, serta turut berkontribusi dalam perekonomian nasional,” tutup Carolina.



Sumber: BeritaSatu.com