Efektivitas PSBB Butuh Dukungan Masyarakat

Efektivitas PSBB Butuh Dukungan Masyarakat
Sejumlah kendaraan bermotor ramai lancar melintasi Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Senin, 13 April 2020 (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Carlos KY Paath / EAS Selasa, 14 April 2020 | 21:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena menegaskan efektivitas pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membutuhkan dukungan masyarakat. Peranan tokoh-tokoh masyarakat, agama, dan adat sangat penting agar PSBB berjalan sebagaimana diharapkan, yaitu mencegah penyebaran Covid-19.

"PSBB tentu perlu kesadaran masyarakat. Harus ada dukungan. Para tokoh agama, masyarakat, adat, termasuk pemimpin komunitas mesti memastikan kesadaran itu. Ketaatan mengikuti kebijakan pemerintah," kata Emanuel kepada Beritasatu.com, Selasa (14/4/2020).

Emanuel menyatakan ketegasan penegak hukum dalam menindak masyarakat yang tidak menaati ketentuan PSBB memang diperlukan. Meski begitu, lanjut Emanuel, kesadaran masyarakat jauh lebih penting.

"Kalau penegakan hukum itu aspeknya untuk menertibkan masyarakat. Sekarang yang utama kesadaran masarakat," ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Emanuel menambahkan, aparat penegak hukum kini sudah dapat menjatuhkan sanksi bagi masyarakat yang tak mematuhi PSBB.

"Penindakan dari kepolisian bisa berlaku, karena ada ketentuan tidak boleh berkumpul lebih dari lima orang, kepolisian bisa tindak," tegas Emanuel.

Emanuel menyatakan DPR tentu akan mengawasi pelaksanaan PSBB. Begitu juga pengawasan terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.

"Mengawasi semua, mulai pelaksanaan, semua peraturan pemerintah yang sudah dibuat akan kita awasi. Kita akan mencermati supaya betul-betul berjalan dengan baik sehingga penanganan masalah ini bisa betul-betul efektif di lapangan," imbuh Emanuel.



Sumber: BeritaSatu.com