Masyarakat Terima Bantuan Makanan Kedaluwarsa, Bupati Toba Minta Maaf
Logo BeritaSatu

Masyarakat Terima Bantuan Makanan Kedaluwarsa, Bupati Toba Minta Maaf

Kamis, 16 April 2020 | 15:26 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JEM

Toba, Beritasatu.com - Bupati Toba Darwin Siagian memerintahkan petugas pemerintahan untuk segera menarik salah satu jenis bantuan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Bantuan yang diperintahkan bupati untuk ditarik itu adalah mi instan, yang sebagiannya ternyata sudah kedaluwarsa. Bantuan itu sebelumnya sempat disalurkan kepada masyarakat di Kelurahan Sangkarnihuta, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

"Sebagai bupati, saya meminta maaf kepada masyarakat yang sebelumnya sudah menerima bantuan kedaluwarsa tersebut. Saya minta masyarakat supaya tidak mengonsumsinya," ujar Bupati Toba Darwin Siagian, Kamis (16/4/2020).

Bantuan sembako oleh pemerintah kabupaten itu merupakan program bantuan sosial (bansos) yang disalurkan secara perdana kepada masyarakat tidak mampu di 6 kelurahan di Kecamatan Balige, Rabu (15/4/2020). Termasuk masyarakat tidak mampu di Kelurahan Sangkarnihuta, menerima bantuan pemerintah tersebut.

Salah satu bahan sembako yang diberikan pemerintah terhadap masyarakat adalah mi instan. Saat bantuan itu diberikan, masa kedaluwarsa mi instan itu ternyata berakhir pada 16 April 2020. Masyarakat sempat bereaksi saat mengetahui jenis makanan itu sudah kedaluwarsa.

Darwin pun meminta masyarakat yang menerima bantuan mi instan kedaluwarsa itu supaya mengembalikan kepada petugas. Kemudian, petugas yang ditugaskan menyalurkan bantuan mengganti mi instan yang masih baru atau tidak kedaluwarsa.

"Tidak ada faktor kesengajaan di balik pemberian bantuan yang sebagiannya ternyata sudah kedaluwarsa. Saya sudah turun melakukan pengecekan langsung dini hari tadi, dan informasi dari masyarakat itu memang benar," katanya.

Darwin turun langsung melakukan penelusuran karena mendapatkan laporan masyarakat melalui media sosial (medsos). Oleh karena itu, dia mengapresiasi masyarakat yang turut berperan dalam mengawasi penyaluran bantuan tersebut.

"Saya mengharapkan partisipasi dan kerja sama masyarakat dalam mengawasi penyaluran bantuan pemerintah. Pengawasan masyarakat diperlukan mengingat wabah virus corona belum berakhir," jelasnya.

Menurutnya, laporan masyarakat atas temuan makanan kedaluwarsa itu sangat membantu pemerintah untuk memperbaiki tata cara pelayanan terhadap masyarakat. Petugas pemerintahan diminta lebih teliti sebelum menyalurkan bantuan tersebut.

"Saya minta kepada petugas pemerintahan yang menyalurkan bantuan supaya lebih hati - hati dan teliti untuk ke depannya. Periksa dulu bahan bantuan sebelum sibagikan ke masyarakat. Saya tidak menginginkan kejadian seperti ini terulang kembali," sebutnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemerintah Siapkan Stimulus untuk Industri Parekraf

“Terkait realokasi anggaran Kementerian Parekraf, kita akan lakukan berbagai program yang sifatnya padat karya."

NASIONAL | 16 April 2020

Polisi Latih Anggota Urus Jasad Positif Covid-19

Surat telegram Kaopsus Operasi Aman Nusa II Komjen Agus Adrianto memerintahkan seluruh jajarannya untuk membantu menangani pemulasaran jenazah Covid-19.

NASIONAL | 16 April 2020

Covid-19, Pemerintah Antisipasi Ancaman Stabilitas Keamanan

Meningkatnya angka pengangguran perlu diantisipasi agar dampaknya tidak menimbulkan konflik sosial dan keamanan.

NASIONAL | 16 April 2020

Jateng Dapat Tambahan 16.000 Masker dan APD

Hellofit berian 1.000 masker N95, 500 baju hazmat, 200 kacamata pelindung, 10.000 masker antivirus, 5.000 surgical mask, 500 face shield.

NASIONAL | 16 April 2020

Pandemi Covid-19, KONI Usulkan PON Digelar Oktober 2021

Dengan adanya pandemi corona, KONI Pusat dan Daerah mengusulkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 diselenggarakan pada Oktober 2021.

NASIONAL | 16 April 2020

PSBB di Tangerang Raya Berlaku Hingga 3 Mei 2020

Gubernur Wahidin menegaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan wajib melaksanakan PSBB.

NASIONAL | 16 April 2020

Menpora Zainudin: Penundaan PON Menunggu Keputusan Jokowi

Menpora Zainudin Amali menyatakan penundaan PON masih menunggu hasil rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

NASIONAL | 16 April 2020

Gubernur Sumut Akan Gratiskan Uang Sekolah Pelajar SMU/SMK

"Namun, siswa dari keluarga tidak mampu yang paling layak mendapatkan bantuan itu," ujar Edy Rahmayadi.

NASIONAL | 16 April 2020

Sambangi 6 Asrama Mahasiswa, Ganjar Pastikan Dapur Tetap Ngebul

Ketika diminta Ganjar untuk nyanyi, mereka memilih lagu Sio Mama, tembang kerinduan anak kepada ibunya.

NASIONAL | 16 April 2020

Pemprov Sumut Siapkan Stimulus Covid-19 Rp 260 Miliar untuk 1,3 Juta KK

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyiapkan stimulus sebesar Rp 260 miliar untuk membantu masyarakat tidak mampu yang terkena dampak Covid-19.

NASIONAL | 16 April 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS