Satu Pasien Covid-19 Positif di Bengkulu Dinyatakan Sembuh

Satu Pasien Covid-19 Positif di Bengkulu Dinyatakan Sembuh
Ruang solasi pasien Covid-19. (Foto: Antara)
Usmin / IDS Minggu, 19 April 2020 | 15:21 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Satu dari tiga pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Yunus Bengkulu dinyatakan sembuh. Pasien tersebut juga telah diiziinkan kembali ke rumah oleh petugas medis yang merawatnya pada Sabtu (17/4/2020).

Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Minggu (19/4/2020. 

"HN (pasien yang sembuh, red) yang merupakan salah satu pejabat di Bank Bengkulu, sudah dinyatakan sembuh dari virus corona dan kita izinkan kembali ke rumahnya. Kita bersyukur bahwa penyakit Covid-19 dapat disembuhkan," ujarnya.

Sedangkan 2 pasien positif Covid-19 lainnya saat masih menjalani perawatan di RSU M Yunus Bengkulu. Kondisi kesehatan kedua pasien tersebut terus membaik. "Kita berharap kedua orang ini dalam waktu dekat dinyatakan sembuh dan diizinkan kembali ke rumahnya," ujarnya.

Herwan menambahkan, sembuhnya HN dari penyakit Covid-19 disebabkan karena selama menjalani perawatan di RSU Yunus, ia menuruti apa yang disarankan petugas medis.

"Kita berharap pasien Covid-19 lainnya yang tengah menjalani perawatan segera menyusul karyawan bank tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSU M Yunus Bengkulu, Zulkip Maulub Ritoga mengatakan, sejak masuk rumah sakit, pasien HN mengalami penurunan kesehatan selama 6 hari. Namun, memasuki hari ketujuh kesehatan pasien mulai membaik karena dokter yang menangani pasien selalu melakukan rontgen sehingga paru-parunya bersih.

"Ini menjadi pengalaman kami dalam merawat pasien Covid-19, diawal perawaran kami sempat pertimbangan memasang alat bantu napas," ujarnya.

Pasien HN diperbolehkan kembali ke rumahnya setelah 16 hari menjalani tahap perawatan. HN juga menjalani isolasi secara mandiri di tempat yang sudah disiapkan. Meski sudah kembali ke rumah, yang bersangkutan tetap dalam pengawasan tim kesehatan.



Sumber: BeritaSatu.com