PON dan Peparnas Papua Resmi Ditunda Hingga Oktober 2021

PON dan Peparnas Papua Resmi Ditunda Hingga Oktober 2021
Menpora Zainudin Amali. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 23 April 2020 | 20:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI kini resmi ditunda hingga Oktober tahun 2021 akibat meluasnya virus corona (Covid-19).

Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada rapat terbatas (ratas) virtual bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (23/4/2020).

"Presiden kini telah memutuskan pelaksanaan PON XX Papua dan Peparnas XVI yang sedianya akan dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," ujar Menpora Zainudin kepada rekan media.

Pada awalnya, PON Papua direncanakan untuk digelar pada bulan Oktober mendatang. Pembangunan venue dan penginapan bagi atlet telah berlangsung. Namun, seperti ajang olahraga lainnya baik di tingkat nasional maupun dunia, PON diharuskan untuk ditunda terlebih dahulu karena pandemi ini.

Zainudin menambahkan, masukan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan dirinya menjadi pertimbangan presiden.

Baca: Pandemi Virus Corona, Persiapan PON Papua Melambat

Di antaranya adalah kondisi terakhir persiapan venue, penginapan, pengadaan peralatan, kesiapan kontingen hingga kesiapan panitia besar penyelenggara PON. Pembangunan venue pun disebut melambat akibat pandemi. Sebagian besar tenaga kerja untuk pembangunan venue juga dinyatakan berasal dari luar Papua.

Sebelumnya, Komisi X DPR juga mendesak agar pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan ini ditunda untuk menekan angka penyebaran virus corona. Namun, hal ini tentu harus menunggu keputusan dari presiden terlebih dahulu.

Menurut Menpora, ditetapkannya PON pada bulan Oktober 2021 karena adanya agenda olahraga lainnya di tahun yang sama. Di antaranya adalah Piala Dunia di bulan Mei, ASEAN School Games, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo di Juli dan Agustus 2021.

Baca: Olimpiade Ditunda, Menpora: 2021 Jadi Tahun Tersibuk Bagi Olahraga Indonesia

"Ada juga Islamic Solidarity Games, Hari Olahraga Nasional (Haornas), World Beach Games (yang masih tentatif), Popnas dan Peparnas," jelas Menpora.

Zainudin menambahkan, penempatan PON dan Peparnas di bulan Oktober dikarenakan agenda olahraga bulan lainnya sudah padat.

"Diputuskannya bulan Oktober karena pada November, kita sudah ada SEA Games kembali, Asian Youth Games, MotoGP Mandalika dan ASEAN Para Games 2021," tutupnya.



Sumber: kemenpora.go.id