MPR: Tunda Pilkada Serentak, Keputusan Tepat

MPR: Tunda Pilkada Serentak, Keputusan Tepat
Bambang Soesatyo (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / MPA Rabu, 6 Mei 2020 | 13:46 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com-Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya mengapresiasi keputusan pemerintah menunda jadwal pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 berdasarkan Perppu nomor 2 tahun 2020.

"Keputusan itu sangat tepat dan bijak, karena pandemi Covid-19 menyebabkan segala sesuatunya tidak ideal lagi. Baik untuk persiapan maupun pelaksanaan Pilkada 2020 sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, Rabu (6/5/2020).

Menurut Bamsoet, sangat wajar bila pemerintah mengerahkan semua daya dan upaya saat ini fokus pada keselamatan masyarakat, serta upaya memutus rantai penularan Covid-19. Karena itu, jika situasi dan kondisinya mengharuskan, sejumlah agenda memang harus ditunda. Termasuk agenda pemungutan suara Pilkada 2020 yang semula dijadwalkan pelaksanaannya pada 23 September 2020.

Jika mengikuti jadwal awal bahwa pilkada serentak dilaksanakan September 2020, maka aktivitas persiapan harusnya dimulai saat ini hingga Juni. Dalam situasi pandemi covid-19 dimana ada kebijakan physical distancing, tentu situasinya sangat tak ideal. "Bahkan tak mungkin dilakukan," imbuhnya.

Karena itu, Keputusan pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang penundaan Pilkada 2020 sudah tepat dan bijaksana. Perppu ini menetapkan pemungutan suara Pilkada 2020 digeser ke bulan Desember 2020.

"Dan, Jika pemungutan suara tidak bisa dilaksanakan pada Desember, pelaksanaannya dijadwalkan kembali setelah pandemi Covid-19 berakhir. Itu sudah tepat," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com