55.000 Paket Sembako Presiden Akan Dibagikan ke 11 Kota

55.000 Paket Sembako Presiden Akan Dibagikan ke 11 Kota
Presiden Jokowi Gelar Ratas Antisipasi Kebutuhan Pokok (Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV)
Lennny Tristia Tambun / MPA Kamis, 7 Mei 2020 | 12:05 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Istana akan membagikan paket sembako sebanyak 55.000 paket kepada masyarakat di 11 kota. Pembagian paket sembako dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini akan dilakukan pada pekan ini.

Demikian disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budihartono melalui pesan pendeknya, Kamis (7/5/2020).

Heru Budihartono menyebut, bantuan sembako berisi 10 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng dan 1 kotak teh celup.

Sebelumnya, Presiden sudah membagikan paket sembako ke 15 kota di Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bandung pada pekan lalu.

“Jadi sudah 15 kota yang pertama Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung. Baru empat kota itu minggu lalu. Masing-masing mendapatkan 10.000 paket sembako,” kata Heru Budihartono.

Lalu pekan ini, ada 11 kota yang akan mendapatkan paket sembako dari Presiden Jokowi dengan jumlah 5.000 paket per kota.

“Terus minggu ini, ada di Makasar, Palembang, Bandarlampung. Nah yang Jawa, Surabaya kemarin itu 10.000. Sekarang ini 5.000 ada beberapa kota,” ujar Heru Budihartono.

Arahan Presiden melalui Kasetpres pada 1 Mei 2020 untuk menyiapkan 55.000 paket sembako yang akan dibagikan ke Palembang, Lampung, Cirebon, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Ambon, Sorong, Jayapura, Kupang dan Metro Lampung.

Ditegaskannya, bantuan paket sembako ini dari Presiden Jokowi langsung bukan paket sembako dari program Menteri Sosial.

“Ini dari Pak Presiden loh ya. Bukan dari Mensos. Jadi Presiden membantu, mungkin tidak bisa semua, tetapi kehadiran Bapak Presiden di kota-kota yang saya sebutkan tadi meringankan beban masyarakat dan tentunya meringankan beban Pemda kota masing-masing. Mungkin ada yang tidak terdaftar 10.000, atau 15.000 , ya Bapak Presiden bantu 5.000 ,” terang Heru Budihartono.

Mantan Kepala BPKD DKI ini mengungkapkan pemberian paket sembako dari Presiden ini akan diteruskan untuk kota-kota lain. Tapi sampai saat ini belum ditentukan kota mana lagi yang akan menerima bantuan paket sembako dari Presiden tersebut.

“Ya kita lihat perkembangan terus sih, di kota-kotalain juga akan diberikan,” ujar Heru Budihartono.



Sumber: BeritaSatu.com