Berjalan Kaki Keliling Jayapura, Kapolda Papua Ingatkan Warga Jam Malam

Berjalan Kaki Keliling Jayapura, Kapolda Papua Ingatkan Warga Jam Malam
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengimbau, dan menegur warga yang masih beraktivitas di luar rumah, di Kota Jayapura di masa pandemic Covid-19. (Foto: Istimewa)
Robert Isidorus / LES Jumat, 8 Mei 2020 | 09:51 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Sambil membawa ransel di punggungnya Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw berjalan kaki mengitari kota Jayapura mengimbau warga yang masih beraktivitas saat itu untuk segera kembali ke rumah.

Kapolda Papua didampingi Kapolresta Jayapura AKBP Gustav R Urbinas bersama rombongan star dari Polresta Jayapura kota – seputaran Pasar Ampera – Taman Imbi – depan kantor gubernur. Di setiap perjalanan Kapolda Papua bersama rombongan memberikan imbaun kepada masyarakat Kota Jayapura yang masih berjualan dan beraktivitas pada malam hari agar pulang ke rumah masing-masing.

“ Kegiatan patroli dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk mengingatkan warga bahwa telah diberlakukan jam malam mulai pukul 20.00 WIT – 6.00 WIT sehingga warga tidak berjualan dan pulang kerumah masing-masing,’’ jelasnya.

Pemda Kota Jayapura sejak 3 Mei 2020 lalu telah memberlakukan jam malam, mulai pukul 20.00-06.00 WIT.

Pemberlakuan jam malam ini sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura. Hingga 7 Mei 2020 jumlah kumulatif pasien Covid-19 di Kota Jayapura seperti yang dikeluarkan Satgas Covid-19 Provinsi Papua, sebanyak 52 orang, pasien yang dirawat 28, sembuh 21 dan meninggal dunia 3 orang.

“ Dari hasil patroli kami melihat masyarakat sudah mulai menyadari karena jalan-jalan dari malam hari sudah mulai lengang bahkan kendaraan sudah tidak Nampak. Masyarakat diharapkan untuk melakukan upaya menghambat penularan virus ini dengan melakukan langkah preventif melalui pembatasan aktivitas yang sifatnya massal,’’ jelas Kapolda, Kamis (7/5/2020) malam.

Kapolda Waterpauw menegaskan, dalam situasi sekarang ini dibutuhkan peran serta masyarakat untuk sama-sama mendukung dan meyelesaikan wabah virus corona ini, dengan tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk dan maklumat Kapolri untuk melakukan social distancing, physical distancing dan selalu memakai masker.

“ Mari kita terapkan pola hidup sehat dan terus jaga kebersihan dilingkungan kita masing-masing, kemudian jaga jarak serta mempedonami sosial distancing atau physical distancing. Selanjutnya saya berharap kita bersama-sama menjaga lingkungan kita, tempat tingga kita dari masuknya virus corona ini,’’ imbaunya.

 



Sumber: BeritaSatu.com