Gubernur Minta Dinkes Bengkulu Tracking 23 Kasus Baru Positif Covid-19
Logo BeritaSatu

Gubernur Minta Dinkes Bengkulu Tracking 23 Kasus Baru Positif Covid-19

Senin, 11 Mei 2020 | 19:30 WIB
Oleh : Usmin / JAS

Bengkulu, Beritasatu.com - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, untuk melakukan tracking atau penelusuran secara masif terhadap 23 orang kasus positif virus corona atau Covid-19 yang baru ditemukan di Bengkulu, agar tidak menyebar ke banyak orang.

"Saya minta benar pada Dinkes Bengkulu untuk melakukan penelusuran secara masih kepada orang-orang yang pernah kontak fisik langsung dengan 23 pasien positif Covid-19 tersebut, sehingga penyebarannya tidak meluas," kata Gubernur Rohidin, di Bengkulu, Senin (11/5).

Ia mengatakan, dari 23 kasus Covid-19 positif tersebut, empat di antaranya merupakan anggota Polda Bengkulu, dan sisanya tenaga medis dan masyarakat biasa.

Anggota Polda Bengkulu, tenaga medis dan masyarakat umum dinyatakan positif terjangkit virus Corona berdasarkan hasil pemeriksaan uji sampel swab di BBLK Palembang, Sumatera Selatan dan Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat pada Minggu (10/5/2020).

Dijelaskan, 23 pasien virus corona tersebut, 15 di antaranya berada di Kota Bengkulu, sedangkan sisanya 8 orang lagi berasal dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur, Kepahiang, Bengkulu Selatan, dan Bengkulu Tengah.

Warga yang terpapar positif Covid-19 tersebut, saat ini selain melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing juga menjalani perawatan instensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yunus Kota Bengkulu, RS Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu, dan rumah sakit umum kabupaten setempat.

Untuk itu, Gubernur Rohidin Mersyah minta pihak Dinkes kabupaten dan kota di Bengkulu, untuk melakukan rapid test terhadap orang-orang yang sempat berinteraksi langsung dengan pasien positif Covid-19 untuk memastikan mereka terjangkit virus mematikan ini atau tidak.

Dengan demikian, katanya, dapat diketahui siapa saja yang tertular pasien positif CC-19 tersebut, sehingga pihak Dinkes Bengkulu segera melakukan langkah antisipasi agar penyakut tersebut tidak menular ke orang lain lebih banyak lagi.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, pihaknya sudah melakukan pelacakan orang-orang yang kontak fisik langsung dengan pasien virus corona positif terrsebut, termasuk para wartawan yang bertugas di Kota Bengkulu.

Sedangkan bagi pasien Covid-19 positif yang berada di kabupaten diminta Dinkes setempat untuk melakukan tracking kepada orang-orang yang pernah kontak fisik dengan pasein bersangkutan secepatnya, sehingga penyebarannya tidak meluas.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemsos Akan Adakan Webinar Layanan Psikososial Covid-19

Webinar bertajuk "Peluncuran Program Layanan Psikososial Merespon Pandemi Covid-19" akan dibuka oleh Menteri Sosial Juliari Batubara.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Kontribusi Kejaksaan Agung di Masa Pandemi Covid-19 Tuai Pujian

Tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 semakin meningkat membuat tingkat keterisian RS rujukan menurun secara signifikan.

NASIONAL | 13 Mei 2020

Polri Segera Tetapkan Tersangka Kasus TPPO

Polisi segera menetapkan tersangka kasus TPPO di balik pengiriman anak buah kapal yang bekerja di Kapal Tiongkok, Long Xing 629.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Larangan Mudik, Ratusan Mobil Travel Gelap Disita

Ratusan mobil travel gelap yang ditilang akan disita hingga usai lebaran atau akhir Operasi Ketupat 2020.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Positif Corona, Mantan Kapolda Bengkulu dalam Kondisi Sehat dan Jalani Isolasi

Selain mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, ada empat perwira polisi lainnya di Bengkulu yang dinyatakan positif Covid-19.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Asrama Haji Disetujui Jadi Tempat Karantina WNI dari Luar Negeri

Presiden Jokowi telah menyetujui penggunaan Asrama Haji di Bekasi dan Pondok Gede sebagai tempat karantina WNI yang baru pulang dari luar negeri.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Insentif Tenaga Kesehatan di RSUD Banten Bersumber dari APBN dan APBD

Para petugas medis yang menangani Covid-19 di RSUD Banten menerima dana insentif dalam jumlah besar yang berasal dari APBN dan APBD.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Baru Tiba di Cilegon, Satu Warga Purwakarta Dinyatakan Positif Covid-19

Seorang warga asal Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat dinyatakan positif terpapar Covid-19 saat baru tiba di Kota Cilegon.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Tangani Covid-19, Kemhub Pangkas Anggaran Ditjen KA Rp 4 Triliun

Kemhub menyebut pemotongan anggaran terbesar pada tahun ini terjadi pada Direktorat Jenderal Perkeretaapian yang mencapai Rp 4,7 triliun.

NASIONAL | 11 Mei 2020

15 Anggota Polisi yang Disandera di Bungo Berhasil Dibebaskan

Seluruh anggota Polres Bungo tersebut berhasil dibebaskan dengan selamat dan tanpa perlawanan para pelaku penambangan emas liar.

NASIONAL | 11 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS