Menparekraf Ajak Anak Muda Optimistis Menatap Masa Depan
Logo BeritaSatu

Menparekraf Ajak Anak Muda Optimistis Menatap Masa Depan

Senin, 11 Mei 2020 | 19:13 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengajak anak muda generasi Z dan milenial untuk tetap optimistis menghadapi perubahan perilaku manusia (new normal) termasuk perubahan perilaku berwisata.

Hal itu disampaikan Wishnutama saat konferensi virtual I’M Milenial dan Genersi Z dengan tema "Tantangan, Harapan dan Masa Depan New Normal" Minggu (10/5/2020). Diakuinya situasi pandemi memang tidak mudah bagi pariwisata untuk bertahan atau berkembang, apalagi seluruh dunia merasakannya. Menurutnya, sektor pariwisata paling terdampak karena pariwisata tergantung pada kunjungan orang. Sedangkan saat ini tidak memungkinkan dilakukan kunjungan.

"Yang terpenting, adalah kita harus optimistis pada masa depan kita. Kita meyakini pascapandemi masa depan pariwisata kita akan luar biasa. Untuk jadi pemenang jangan ada sifat pesimistis. Pemenang mencari kesempatan, bukan kekurangan. Buat generasi muda, ayo cari apa kesempatan yang ada. Hal ini tidak bisa dipelajari, tapi harus dicari sendiri," ungkap Menparekraf.

Ditambahkannya, sebetulnya sebelum pandemi Covid-19, Kemparekraf telah menyusun berbagai skenario strategis yang sifatnya sangat dasar dalam rencana kerja tahun 2020 seperti fasilitas wisata yang sesuai standard higienitas, kebersihan toilet, keselamatan, keamanan.

"Dalam masa pandemi ini, pihaknya berkoordinasi dengan K/L sekuat tenaga mencari cara untuk mempercepat langkah pemulihan sektor parekraf. Karena negara lain juga akan berusaha keras untuk mendatangkan wisatawan. Dan untuk tahap awal kita akan coba mendorong wisatawan nusantara dulu, baru kita datangkan wisatawan mancanegara," tambahnya.

"Di sektor parekraf banyak potensi itu. Dan kita akan membuka ruang-ruang diskusi untuk itu. Yang penting di era digital, adalah bagaimana bangsa Indonesia menguasai ekosistem digital, itu yang bisa membuat kita menang. Yang juga penting adalah data. Bahkan menurut saya, saat ini data sangat berharga dibandingkan minyak. Minyak bisa habis digunakan, sedangkan data terus berkembang dan bisa dipakai sampai kapanpun," lanjutnya.

Senada dengan Menparekraf, Anggota DPR RI Komisi VII Maman Abdurrahman menjelaskan dalam menghadapi pandemi Covid-19 tidaklah mudah. Ia menjelaskan negara maju seperti Amerika saja kewalahan. Untuk itu langkah yang diambil pemerintah harus diapresiasi. Banyak sektor yang terdampak. Tapi memang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang paling terimbas.

"Kita semua harus memikirkannya. Semua harus bisa mendukung Kemenparekraf, minimal dengan menyampaikan hal-hal positif. Tidak hanya itu, anak-anak muda juga harus mampu menciptakan platform media sosial lokal Indonesia untuk bersaing dengan dunia. Karena, sudah saatnya Indonesia mendorong industri digital dalam negeri untuk mampu bersaing," tandasnya.

Diskusi virtual Meeting yang dihadiri lebih dari 100 peserta tersebut juga dipandu Stella Nau dan juga menghadirkan Anggota DPR RI Komisi VII Maman Abdurrahman dan Chief Executive I’M Gen Z Budi Setiawan dengan pembicara utama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Wishnutama.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemerintah Targetkan PCR Spesimen Covid-19 10.000 Tes Setiap Hari

Presiden Jokowi meminta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersinergi dengan Kemenkes meningkatkan kuota uji sampel PCR bagi masyarakat.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Gubernur Minta Dinkes Bengkulu Tracking 23 Kasus Baru Positif Covid-19

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, meminta Dinkes setempat melakukan "tracking" terhadap 23 kasus positif Covid-19.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Kemsos Akan Adakan Webinar Layanan Psikososial Covid-19

Webinar bertajuk "Peluncuran Program Layanan Psikososial Merespon Pandemi Covid-19" akan dibuka oleh Menteri Sosial Juliari Batubara.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Kontribusi Kejaksaan Agung di Masa Pandemi Covid-19 Tuai Pujian

Tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 semakin meningkat membuat tingkat keterisian RS rujukan menurun secara signifikan.

NASIONAL | 13 Mei 2020

Polri Segera Tetapkan Tersangka Kasus TPPO

Polisi segera menetapkan tersangka kasus TPPO di balik pengiriman anak buah kapal yang bekerja di Kapal Tiongkok, Long Xing 629.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Larangan Mudik, Ratusan Mobil Travel Gelap Disita

Ratusan mobil travel gelap yang ditilang akan disita hingga usai lebaran atau akhir Operasi Ketupat 2020.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Positif Corona, Mantan Kapolda Bengkulu dalam Kondisi Sehat dan Jalani Isolasi

Selain mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, ada empat perwira polisi lainnya di Bengkulu yang dinyatakan positif Covid-19.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Asrama Haji Disetujui Jadi Tempat Karantina WNI dari Luar Negeri

Presiden Jokowi telah menyetujui penggunaan Asrama Haji di Bekasi dan Pondok Gede sebagai tempat karantina WNI yang baru pulang dari luar negeri.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Insentif Tenaga Kesehatan di RSUD Banten Bersumber dari APBN dan APBD

Para petugas medis yang menangani Covid-19 di RSUD Banten menerima dana insentif dalam jumlah besar yang berasal dari APBN dan APBD.

NASIONAL | 11 Mei 2020

Baru Tiba di Cilegon, Satu Warga Purwakarta Dinyatakan Positif Covid-19

Seorang warga asal Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat dinyatakan positif terpapar Covid-19 saat baru tiba di Kota Cilegon.

NASIONAL | 11 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS