RSUD Kerinci Jambi Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19

RSUD Kerinci Jambi Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19
Ilustrasi penanganan pasien diduga terinfeksi virus "corona". (Foto: Antara)
Radesman Saragih / JAS Selasa, 12 Mei 2020 | 17:49 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HA Thalib Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi menambah ruang isolasi pasien positif corona (Covid-19) mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien positif Covid-19 di daerah itu. Penambahan ruang isolasi perawatan Covid-19 tersebut juga dilakukan agar tidak ada pasien positif corona yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kepal Bidang (Kabid) Pelayananan RSUD HA Thalib Kerinci, Nafrijal Jaya di Kerinci, Selasa (12/5/2020) menjelaskan, ruang isolasi perawatan pasien positif Covid-19 di rumah sakit tersebut saat ini hanya dua ruangan dengan 10 tempat tidur.

“Seluruh tempat tidur di ruang isolasi perawatan pasien positif Covid-19 rumah sakit ini sudah penuh. Karena itu kami akan menambah beberapa ruang isolasi lagi dengan kapasitas 14 tempat tidur. Penambahan ruang isolasi ini dilakukan mengantisipasi terus bertambahnya pasien positif Covid-19 di Kerinci,” ujarnya.

Dijelaskan, dari 10 tempat tidur pasien positif Covid-19 di RSUD HA Thalib Kerinci satu bulan terakhir, baru satu tempat tidur yang kosong, Selasa (12/5/2020). Tempat tidur tersebut kosong karena seorang pasien positif Covid-19, yakni Pasien 07 yang selama ini dirawat di rumah sakit tersebut sudah sembuh.

“Satu tempat tidur perawatan pasien positif Covid-19 di rumah sakit ini kosong, Selasa karena Pasien 07 sudah dinyatakan sembuh. Jadi tempat tidur perawatan pasien positif Covid-19 di rumah sakit ini tersisa satu. Karena itu penambahan 14 tempat tidur perawatan pasien positif Covid-19 di rumah sakit ini akan selesai pekan ini,”katanya.

Dijelaskan, ruang isolasi pasien positif Covid – 19 di RSUD HA Thalib tersebut akan disiapkan di ruangan neurologi yang ditempati dua orang pasien non- Covid – 19. Kedua pasien tersebut nantinya akan dipindah ke ruangan lain.

Menurut Nafrijal Jaya, pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD HA Thalib Kerinci hingga Selasa (12/5/2020) tersisa sembilan orang. Tidak ada pasien positif Covid-19 di daerah itu yang diisolasi di rumah. 



Sumber: BeritaSatu.com