Polda dan DPRD Banten Bahas Upaya Menekan Angka Kriminalitas di Tengah Pandemi

Polda dan DPRD Banten Bahas Upaya Menekan Angka Kriminalitas di Tengah Pandemi
Jajaran Polda Banten bersama TNI, mendirikan dapur umum di Kawasan Industri Modern Cikande, Kabupaten Serang, untuk membagikan nasi bungkus kepada warga terdampak Covid-19, Jumat (17/4/2020). (Foto: Istimewa)
Laurens Dami / JEM Jumat, 15 Mei 2020 | 09:31 WIB

Serang, Beritasatu.com - Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar yang baru dilantik beberapa hari lalu, melakukan koordinasi dengan sejumlah pimpinan daerah, salah satunya pimpinan DPRD Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang.

Kapolda Banten yang baru tersebut disambut Ketua DPRD Banten, Andra Soni, Wakil Ketua DPRD Banten, Barhum HS dan Budi Prajogo serta Sekretaris DPRD (Sekwan) Deny Hermawan.

Dalam rapat silaturahmi sekaligus koordinasi tersebut, dibahas mengenai komitmen bersama dalam menjaga keamanan di seluruh wilayah Provinsi Banten, khususnya selama pendemi Covid-19. Termasuk upaya untuk menekan angka kriminalitas di wilayah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Tangerang Raya.

Wakil Ketua DPRD Banten, Budi Prajogo mengatakan, pada saat pandemi ini, efek dari PSBB khususnya, jika terlalu panjang akan meningkatkan kriminalitas, sehingga hal tersebut harus diantisipasi.

“Karena itu antara pemerintah dan kepolisian perlu koordinasi sehingga selalu tercipta situasi yang kondusif dan aman,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Banten, Andra Soni mengucapkan selamat bertugas kepada Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar.

“Pertemuan ini juga dimaksudkan untuk melanjutkan koordinasi, komunikasi dan hubungan yang harmonis yang selama ini terbangun antara DPRD Banten dan Polda Banten untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Provinsi Banten,” ujarnya.

Untuk diketahui, Irjen Pol Fiandar sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akpol, sedangkan Kapolda Banten yang lama Irjen Pol Agung Sabar Santoso mendapat tugas baru sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Tidak hanya berkoordinasi dengan pimpinan DPRD Banten, Kapolda Irjen Pol Fiandar juga melakukan kunjungan kerja kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Kamis (14/5/2020).

Kunjungan kerja tersebut didampingi Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi. Kedatangannya disambut oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten HA Bazari Syam dan Ketua MUI Provinsi Banten KH AM Romly serta sejumlah pejabat lainnya.

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini merupakan sarana untuk mempererat jalinan tali silaturahmi antara Polda Banten dan Kakanwil Kemenag Provinsi Banten

"Ya, silaturahmi ini sama halnya dengan makna Ta'aruf (saling mengenal), guna membangun sinergitas dalam pelaksanaan tugas," ujarnya.

Di lokasi yang sama Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan kunjungan kerja tersebut sekaligus membahas upaya yang akan dilakukan dalam menghadapi hari raya Idul Fitri di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sesuai adanya anjuran pemerintah, maklumat Kapolri dan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6/2020, kata Edy Sumardi, Polda Banten bersama dengan instansi terkait serta melibatkan para tokoh ulama serta agama akan terus melakukan langkah preemtif, preventif dan edukatif dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Semoga masyarakat memahami dan dapat bekerjasama dalam memutus mata rantai Covid-19," ujarnya. 



Sumber: BeritaSatu.com