4 Pemasok 240 kg Ganja dari Aceh Berhasil Ditangkap

4 Pemasok 240 kg Ganja dari Aceh Berhasil Ditangkap
Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Jhonny Edizzon Isir memaparkan pengungkapan kasus sindikat narkoba. (Foto: dok)
Arnold H Sianturi / YUD Sabtu, 16 Mei 2020 | 16:42 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan berhasil meringkus 4 anggota sindikat ganja antarprovinsi. Empat pelaku ditangkap di lokasi penggerebekan di sebuah gudang penyimpanan narkoba di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sei Sikambing, Kecamatan Medan Petisah, Sumatera Utara (Sumut). Polisi berhasil menyita 240 kg ganja dari penggerebekan ini.

"Empat tersangka itu masing-masing berinisial, MR (47) warga Jalan Gatot Subroto/Amal Medan Petisah, NG (45) warga Jalan Sendok Medan, dan US (54) warga Jalan M Idris Gg Kandang Kecamatan Medan Petisah, serta SR (59) warga Labuhanbatu," ujar Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Jhonny Edizzon Isir, Sabtu (16/5/2020).

Isir mengatakan, penangkapan itu berawal dari informasi dari masyarakat. Polisi kemudian turun melakukan penyelidikan. Tidak lama kemudian, polisi menggerebek gudang penyimpanan narkoba itu. Keempat tersangka tidak berkutik dalam penyergapan petuga tersebut.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, ganja dengan kemasan 240 bungkusan dengan berat masing - masing sekitar 1 kg itu, dipasok dari Aceh. Setiap satu bungkusan ganja itu dibeli seharga Rp 600 ribu. Ganja ini rencananya mau dijual di Medan dengan harga Rp 1 juta/kg. Ganja dileroleh dari seorang bandar berisial IS warga Aceh," katanya.

Menurutnya, keempat tersangka ini dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 Subs Pasal 111 Ayat 2 Jo Pasal 132 dari UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman terberat dari pelanggaran pasal itu adalah 20 tahun penjara atau hukuman minimal 5 tahun penjara.



Sumber: BeritaSatu.com