Kemhub Bantah Berita Menhub Kembali Positif Covid-19

Kemhub Bantah Berita Menhub Kembali Positif Covid-19
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers online, Senin, 27 April 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Lona Olavia)
Lona Olavia / YUD Sabtu, 16 Mei 2020 | 18:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sehubungan dengan pemberitaan yang dimuat oleh situs berita Suara.com dengan judul "15 Hari Sembuh, Menhub Budi Karya Kembali Dinyatakan Positif Covid-19", Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyampaikan bahwa judul berita tersebut menyesatkan dan berpotensi merugikan Menhub Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Soal Aturan Turunan Permenhub, Kemhub Ingatkan Mudik Tetap Dilarang

"Saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020).

Baca juga: Menhub Izinkan Kembali Operasional Semua Moda Transportasi Mulai 7 Mei

Menhub dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD. Saat dirawat di RSPAD Menhub menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif. Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua.

Baca juga: Permenhub Larangan Mudik Disiapkan

Sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19, pasien dinyatakan bebas Covid-19 jika dua kali tes PCR hasilnya berturut-turut negatif. Menhub dinyatakan positif kembali, dimana saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD. Pada tanggal 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD.



Sumber: BeritaSatu.com