Pembukaan Sekolah Dijamin Pernyataan Satgas Covid-19

Pembukaan Sekolah  Dijamin Pernyataan Satgas Covid-19
Dede Macan Yusuf Effendi. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / AMA Minggu, 17 Mei 2020 | 21:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pendidikan DPR, Dede Yusuf Macan Effendi meminta agar pembukaan sekolah harus dijamin oleh pernyataan dari Satgas Covid-19 di masing-masing wilayah, bahwa sekolah yang dibuka berada di wilayah hijau alias bebas virus corona.

Wilayah kepulauan seperti Sulawesi yang tak pernah ada kejadian covid-19, misalnya, harusnya bisa masuk zona hijau. "Artinya jika pada Juli sekolah mau dibuka di sana, ya tidak apa-apa," kata Dede di Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Sementara untuk sekolah-sekolah yang berada di wilayah zona merah seperti DKI Jakarta, Dede menyarankan sebaiknya tidak dibuka dahulu. Praktik pendidikan seharusnya masih menjalankan sistem daring (dalam jaringan).

Di titik hijau di tiap wilayah, lanjutnya, gedungnya diatur sedemikian rupa sehingga bisa dipakai bergantian. "Artinya sekolah itu ada yang separuh masuk pagi dan ada yang separuh masuk sore, supaya tidak terjadi penumpukan," kata dia.

Itu pun, di tiap sekolah yang buka harus dipastikan melaksanakan protokol kesehatan WHO. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, disediakan disinfektan, dan sebagainya.

"Karena siswa mungkin tidak terkena Covid-19, tetapi mereka dapat membawa virus dan menularkan kepada orang tua maupun keluarga lainnya yang memiliki penyakit seperti asma, jantung dan lain sebagainya," kata politikus Partai Demokrat itu.



Sumber: BeritaSatu.com