Bamsoet: Indonesia Masih Miliki Rasa Solidaritas dan Gotong-royong

Bamsoet: Indonesia Masih Miliki Rasa Solidaritas dan Gotong-royong
Bambang Soesatyo. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / YS Minggu, 17 Mei 2020 | 21:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua MPR RI Bambang Soestyo (Bamsoet) mengaku terharu dan hampir kehilangan kata-kata saat melihat antusias masyarakat Indonesia memberikan donasi dalam konser solidaritas kemanusiaan bertemakan “Bersatu Melawan Corona” yang digelar secara virtual, Minggu (17/5/2020).

“Jujur, saya hampir kehilangan kata-kata, terharu,” kata Bamsoet dalam konser tersebut.

Hal ini menandakan Bangsa Indonesia masih memiliki rasa solidaritas dan kegotongroyongan. Bahkan ada seorang anak kecil yang rela membongkar celengannya untuk disumbangkan seluruhnya untuk konser hari ini.

“Ternyata bangsa kita masih memiliki rasa solidaritas dan kegotongroyoangan. Sampai kita lihat tadi ada anak kecil yang membobok celengannya, menyumbangkan sepenuhnya untuk hari ini,” ujar Bamsoet.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet menceritakan bagaimana konser yang dikerjakan hanya dalam waktu satu bulan ini bisa terjadi.

“Jadi beberapa waktu lalu, ini kerja sebulan, saya didatangi beberapa pekerja seni dan seniman untuk menyampaikan gagasan melakukan konser virtual. Dan saya sambut dengan baik. Hasilnya luar biasa,” terang Bamsoet.

Malam ini, lanjutnya, bangsa Indonesia bisa menunjukkan kepada seluruh dunia, bahwa dengan kondisi apa pun, Indonesia tetap bersatu. Tetap menerapkan dan memiliki nilai-nilai Pancasila, rasa kegotongroyongan itu yang penting.

“Malam ini, kita bisa menunjukkan tidak saja kepada rakyat kita, tapi seluruh dunia, bahwa kita dengan kondisi ap apun, tetapi bersatu, memiliki nilai-nilai Pancasila dan kegotongroyongan. Yang paling penting pesan saya adalah, memberi itu indah,” papar Bamsoet.

Diungkapkan biaya penyelenggaraan konser amal ini tidak menggunakan uang negara satu peser pun. Melainkan sumbangan dari para seniman dan pejabat negara.

“Biayanya dari kita untuk kita, dari seniman untuk seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” ungkapnya.

Tak lupa ia menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang telah menyumbangkan motor listrik pertamanya dalam konser tersebut.

Dalam konser itu, Bamsoet membeli lukisan Iwan Suhaya yang dilelang. Lukisan yang menggambarkan harimau dengan tema Menembus Dimensi dibeli Bamsoet seharga Rp 150 juta, dari harga awal yang ditawarkan sebesar Rp 100 juta.

“Kebetulan macan adalah shio saya. Kalau tidak ada yang beli, saya ambil saja. Rp 150 juta. Berbagi itu indah,” tuturnya.

Seperti diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar konser solidaritas kemanusian dengan tajuk "Bersatu Melawan Korona" pada Minggu (17/5/2020), pukul 19.30 hingga 21.30 WIB.

Konser tersebut akan digelar secara virtual dan disiarkan langsung di beberapa stasiun televisi, seperti TVRI, INews, Net TV, Metro TV, BNPB TV, O Channel, bahkan bisa dinikmati melalui siaran live streaming Telkomsel, ANTV, Video, dan Metro TV News.com.

Konser tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, serta artis-artis ternama sebagai pengisi acara seperti Judika, Rossa, Via Vallen dan lainnya.

Pagelaran konser tersebut merupakan hasil kerjasama BPIP dengan MPR RI, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Indika Foundation, dan GSI Lab.