Menpora: Yuk Ikut Senam SAH Agar Tetap Sehat di Rumah

Menpora: Yuk Ikut Senam SAH Agar Tetap Sehat di Rumah
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memperkenalkan Senam SAH di salah satu stasiun televisi swasta, Minggu (17/5/2020). ( Foto: Istimewa )
Jayanty Nada Shofa / JNS Senin, 18 Mei 2020 | 14:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat untuk mengikuti lomba Senam Stay at Home (SAH).

Menurut Menpora, lomba ini ditunjukkan untuk mendorong masyarakat tetap aktif bergerak meski berada di rumah. Sebab, gerakan fisik penting untuk meningkatkan kebugaran tubuh di saat pandemi virus corona (Covid-19).

"Yang terpenting ada gerakan fisik, baik itu jalan santai atau naik-turun tangga. Kenapa? Karena di dalam tubuh harus tetap ada pembakaran. Jika tidak, nantinya akan ada penumpukan gula. Itu awal dari penyakit-penyakit," ungkap Menpora di salah satu stasiun televisi swasta, Minggu (17/5/2020).

Baca: Lomba Senam "Stay At Home" Kempora Disambut Antusias Masyarakat

Senam SAH, ungkap Menpora, digagas oleh Kempora untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Senam ini terdiri dari gerakan-gerakan sederhana yang diiringi musik.

"Kita semua bisa ikut. Para atlet bahkan atlet kita yang di luar negeri ini pun ikut. Yang terpenting, senam ini dilombakan dengan hadiah ratusan juta rupiah," ucapnya.

Lebih lanjut, Menpora Zainudin menjelaskan, masyarakat dapat mendaftarkan diri hingga 2 Agustus mendatang. Terdapat dua kategori lomba yaitu individu dan keluarga dengan maksimal peserta tiga anggota keluarga inti.

Pada lomba ini, Kempora membagikan total hadiah sebesar Rp 100 juta.

Adapun lomba SAH ini membagikan hadiah setiap dua pekan. Kempora akan memilih 10 video terbaik pada setiap periode lomba. Para pemenang nantinya akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 750.000 per individu atau keluarga.

Pengumuman juara di babak grand final nantinya akan dilakukan bertepatan pada perayaan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020. Pemenang di babak grand final akan berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.375.000.

"Semoga pandemi ini segera melandai dan kurvanya segera turun, sehingga kompetisi dan kegiatan-kegiatan bisa bergulir kembali," tutup Menpora.



Sumber: BeritaSatu.com