Mulai Beroperasi, Bus AKAP Akan Ditempel Stiker Khusus
Logo BeritaSatu

Mulai Beroperasi, Bus AKAP Akan Ditempel Stiker Khusus

Senin, 11 Mei 2020 | 13:34 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang diperbolehkan beroperasi saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan dipasang stiker khusus.

Stiker ini bertanda "Angkutan AKAP Terbatas Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19", serta dilengkapi dengan QR code dari perusahaan angkutan umum untuk menghindari pemalsuan.

Ketentuan ini disebutkan pada Surat Edaran Direktur Jenderal di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemhub) tentang Petunjuk Operasional Transportasi untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Melalui SE Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian, Kemhub fokus melakukan pengendalian transportasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mendukung dan menindaklanjuti SE Gugus Tugas,” ungkap Juru Bicara Kemhub Adita Irawati di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Secara terpisah, Kemhub menyatakan hanya ada 38 perusahaan otobus (PO) yang diperbolehkan untuk beroperasi selama PSBB. Mereka pun hanya diizinkan untuk menjalankan satu trip per harinya.

Diketahui, Kemhub telah membuka jalur transportasi umum bagi penumpang dengan kebutuhan khusus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Gugus Tugas Covid-19. Di antaranya adalah repatriasi pekerja migran Indonesia (PMI) hingga pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat.

Untuk memastikan pengawasan berlangsung ketat, SE Dirjen juga memaparkan petunjuk operasional bagi moda transportasi lainnya.

Pada moda penyeberangan, misalnya, Kemhub telah menyediakan kapal penumpang dan disediakan gerbang khusus untuk penumpang yang memenuhi kriteria pembatasan perjalanan orang.

Kemudian, pada moda laut, Kemhub menyiapkan kapal penumpang atau kapal dengan fungsi khusus untuk mengangkut orang-orang sesuai dengan kriteria dan syarat yang ditetapkan SE Gugus Tugas.

Pada moda transportasi kereta api, Kemhub menyiapkan Perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) pada lintas-lintas yang telah ditetapkan.

Sedangkan, pada moda transportasi udara, ungkap Adita, Kemhub menyediakan penerbangan bagi penumpang berdasarkan rute penerbangan yang telah disetujui pada periode Summer 2020 dengan tetap menyesuaikan jam operasi dan fasilitas bandara selama pandemi corona.

Khusus di Jabodetabek, penerbangan hanya dilakukan di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan.

Sebagaimana disebutkan dalam SE Gugus Tugas, pengendalian, pengawasan, dan penegakkan hukum dilaksanakan oleh tim gabungan dari unsur pemerintah dan pemerintah daerah, TNI, Polri, dan unsur otoritas penyelenggara transportasi umum.

“Setiap pelanggaran akan ditindak dan dapat dikenai sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandas Adita.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Danone Indonesia Salurkan Bantuan Lewat Kementerian PPPA dan Kemkes

Danone Indonesia memberikan bantuan melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

NASIONAL | 18 Mei 2020

Prosesi Garebeg Sawal Keraton Yogya Ditiadakan

Selain prosesi arak-arakan Gunungan yang ditiadakan, prosesi Numplak Wajik yang sedianya digelar tiga hari sebelum pelaksanaan Garebeg Sawal, juga ditiadakan.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Hasil Uji Swab Terbaru, Mantan Kapolda Bengkulu Negatif Covid-19

Dalam uji "swab" terbaru, mantan Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Supratman, dinyatakan negatif Covid-19.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Eks Jampidsus Tepis Tudingan Ulum soal Dana Rp 7 M di Kasus KONI

"Itu tudinganan yang sangat keji terhadap saya, fitnah," kata Adi Toegarisman.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Covid-19 Masih Menyebar, CSIS Usulkan Pilkada Serentak Berbasis Daerah

Peneliti CSIS Arya Fernandes mengemukakan jika Covid-19 belum reda, pilkada serentak mungkin bisa digelar per wilayah atau daerah.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Pemerintah: Pelonggaran PSBB Baru Sebatas Pembahasan

Sampai dua minggu ke depan belum akan ada kebijakan pengurangan pembatasan.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Pemprov Jateng Siapkan Karantina untuk PMI

Ganjar menegaskan, semua PMI yang pulang ke Jateng harus menjalani karantina minimal 14 hari.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Update Covid-19: Bertambah 496, Total Kasus Positif Menjadi 18.010

Terdapat penambahan 496 kasus baru positif Covid-19 di Indonesia selama 24 jam hingga hari ini. Total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 18.010.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Bandara Kualanamu Mulai Ramai

Untuk hari ini, ada 18 penerbangan yang datang maupun berangkat melalui Bandara Kualanamu.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Gerindra Usulkan Bansos Sembako Covid-19 Diganti Uang Tunai Seluruhnya

Gerindra mengusulkan kepada pemerintah agar mengubah skema bansos kepada masyarakat terkait dampak pandemi virus "corona" (Covid-19) menjadi BST.

NASIONAL | 18 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS