Mahfud MD: Jaga Ketat Pintu Keluar Masuk hingga Jalan Tikus Antisipasi Mudik

Mahfud MD: Jaga Ketat Pintu Keluar Masuk hingga Jalan Tikus Antisipasi Mudik
Petugas Kepolisian mengecek muatan truk yang melintasi tol terkait larangan mudik. (Foto: ANTARA FOTO / Fakhri Hermansyah)
Lenny Tristia Tambun / BW Selasa, 19 Mei 2020 | 13:59 WIB

Jakarta, Beritasau.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memerintahkan pintu keluar dan masuk hingga jalan tikus dijaga ketat. Hal itu untuk mengantisipasi mudik Lebaran, karena larangan mudik belum dicabut.

“Larangan mudik tetap berlaku sampai saat ini. Dan tidak akan dicabut sampai waktu yang telah ditentukan kemudian,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers secara virtual seusai menghadiri rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (19/5/2020).

Oleh sebab itu, lanjut Mahfud MD, penegakan aturan larangan mudik Lebaran harus ditingkatkan lagi dengan pengawalan oleh TNI, Polri, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan pemerintah daerahnya dan dengan alat kelengkapannya seperti Satpol PP.

Seluruh aparat penegakan hukum tersebut, harus memeriksa dan menjaga ketat di pintu-pintu keluar atau pintu masuk dan di jalan-jalan tikus. Termasuk kendaraan besar yang beroperasi karena bisa jadi menjadi tempat bersembunyi orang-orang yang ingin mudik.

“Harus dilakukan secara ketat,” tegas Mahfud MD.

Penjagaan ketat juga harus dilakukan pada waktu tengah malam hingga dinihari. Karena pada waktu itu, petugas di lapangan biasanya lengah sehingga penjagaan berkurang.

“Di waktu-waktu yang biasanya dianggap petugasnya lengah misalnya tengah malam, itu biasanya orang menganggap petugas ngantuk, petugas tidak ada, lalu nerobos begitu saja,” ungkap Mahfud.



Sumber: BeritaSatu.com