Resmi Dibuka, SBMPN Tahun Ini Tidak Terapkan Tes Tulis

Resmi Dibuka, SBMPN Tahun Ini Tidak Terapkan Tes Tulis
Ilustrasi ujian masuk perguruan tinggi (Foto: Beritasatu.com)
Jayanty Nada Shofa / JNS Selasa, 19 Mei 2020 | 19:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) kini telah resmi dibuka. Calon peserta SBMPN dapat mendaftarkan diri pada https://sbmpn.politeknik.or.id hingga 25 Juni mendatang.

Pendaftaran kali ini dilakukan sepenuhnya secara daring melalui sistem seleksi prestasi akademik siswa atau portofolio. Hal ini dikarenakan penyelenggaraan tes tertulis tidak memungkinkan di tengah pandemi Covid-19.

Setiap calon peserta pun wajib mengikuti beberapa persyaratan.

Pertama, mereka wajib memiliki nomor induk siswa nasional (NISN). Kemudian, peserta berusia maksimal 21 tahun per tanggal 19 Mei mendatang. Ketiga, mereka merupakan lulusan SMA, SMK, MA, serta Kejar Paket C tahun 2018, 2019, 2020. Kemudian, calon peserta wajib memiliki rapor semester 1-6 dan ijazah atau SKL.

Terakhir, calon peserta yang diperbolehkan adalah mereka yang belum diterima di jalur penerimaan SBMPN 2020.

Lebih lanjut, jalur SBMPN ini tetap akan mengakomodir calon peserta berprestasi yang berasal dari keluarga yang kurang mampu sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

Seleksi terbuka ini terbuka untuk sarjana terapan (D4) dan D3 di 42 politeknik negeri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di antaranya adalah Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Semarang, serta Politeknik Manufaktur Negeri Bandung.

Adapun pendaftaran SBMPN akan diselenggarakan dalam dua tahap.

Pertama adalah pengisian data awal seperti data awal NISN, politeknik dan program studi pilihan, serta pemilihan metode pembayaran pendaftaran. Siswa diperkenankan memilih maksimal dua politeknik dan tiga pilihan program studi.

Registrasi tahap pertama ini dapat dilakukan maksimal dua hari sebelum pendaftaran ditutup.

Setelah melakukan pendaftaran dan pembayaran sebesar Rp 150.000, peserta akan menerima username dan password melalui e-mail untuk masuk ke https://sbmpn.politeknik.or.id.

Pada tahap kedua, peserta cukup login dan melengkapi data-data yang dibutuhkan seperti biodata, rapor hingga ijazah. Selain mengakses laman resmi SBMPN, peserta dapat menghubungi politeknik negeri terdekat yang tergabung dalam SBMPN ini.

Hasil SBMPN nantinya akan diumumkan pada 4 Juli 2020.



Sumber: BeritaSatu.com