Harkitnas dan Idulfitri, Momen Raih Kemenangan Lawan Covid-19

Harkitnas dan Idulfitri, Momen Raih Kemenangan Lawan Covid-19
Adnan Anwar ( Foto: istimewa )
/ BW Rabu, 20 Mei 2020 | 22:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan Idulfitri patut menjadi semangat bangsa untuk meraih kemenangan melewati berbagai persoalan, termasuk pandemi virus corona atau Covid-19. Hal itu dikatakan tokoh muda Nahdatul Ulama (NU) Adnan Anwar.

Menurut dia, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (20/5/2020), jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya, secara umum Indonesia masih lebih baik. Sehingga, ujarnya, masyarakat patut bersyukur, karena didukung budaya saling tolong menolong dan bergotong royong untuk membantu antarwarga.

“Kita lihat di luar banyak kelompok masyarakat yang mengambil inisiatif untuk memberikan bantuan, baik yang bersifat masif maupun particular terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang rentan terhadap Covid-19 ini. Luar biasa solidaritas ini,” ujar Adnan.

Mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar NU tersebut menyampaikan, solidaritas sesama warga negara masih ada dan masih cukup kuat.

"Kita optimistis bahwa bangsa kita masih punya social capital yang kuat, terutama untuk menolong sesama tanpa memandang suku, agama, ras dan adatnya,” katanya.

Adnan mengatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi pada momen puasa Ramadan, Harkitnas, dan Idulfitri pada hakekatnya adalah kembali kepada keluarga inti, yakni pada orang tua maupun anak kita.

“Kekuatan endogen dari keluarga inti, yakni keluarga yang menyatu kembali seperti zaman dahulu. Keluarga yang kokoh itu menjadi pilar dari kokohnya agama dan kokohnya negara. Ini yang saya lihat dari peristiwa Covid-19 ini dengan tiga peristiwa itu memiliki efek yang luar biasa. Bahwa kerekatan keluarga itu telah terjadi lagi, setelah cukup lama agak renggang karena mengalami problem modernisasi dan globalisasi,” tutur Adnan.

Pria yang juga menjadi Instruktur Pendidikan Kader Penggerak Nahdatul Ulama (PKPNU) Nasional ini menyebutkan, pandemi Covid-19 telah menjadi pembelajaran yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Pembelajarannya itu sendiri ada dua, artinya dari aspek negara dan pemerintah.



Sumber: ANTARA