Kuis "Penjaga Langit" yang Digelar Kohanudnas Semakin Diminati

Kuis
Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda Imran Baidirus. (Foto: Istimewa)
Asni Ovier / AO Jumat, 22 Mei 2020 | 11:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kuis Penjaga Langit yang diselenggarakan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) semakin diminati oleh siswa SMP. Jumlah peserta kuis putaran minggu kedua naik dua kali lipat lebih, yakni sebanyak 345 anak dibanding dengan putaran minggu pertama dan daerah asal peserta kuis lebih bervariasi lagi.

Peringkat pertama putaran kuis Penjaga Langit minggu kedua diraih oleh Shahnaz Wijaya, siswa SMPN 1 Semarang, Jawa Tengah, dengan waktu 13:43:00 dari 60 menit yang disediakan.

“Saya cukup gembira kuis Penjaga Langit diminati anak-anak SMP. Yang pertama follower dari kuis ini berjumlah 2.288 yang dicapai dalam waktu seminggu. Ini termasuk cepat untuk ukuran Instagram untuk kuis belum populer. Lalu, peserta kuis Penjaga Langit untuk putaran minggu kedua ini meningkat dua kali lipat dibanding yang pertama dengan capaian sebanyak 345 peserta. Yang menggembirakan adalah jumlah daerah asal peserta juga sangat bervariasi meski masih didominasi dari kota di Jawa. Namun asal dari luar Jawa mengejar peserta dari Pulau Jawa dan ini menunjukkan Penjaga Langit menasional,” ujar Panglima Kohanudnas Marsda Imran Baidirus di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Menurut Imran, soal-soal kuis untuk putaran minggu kedua ini lebih sulit dibanding pekan pertama. Meski lebih sulit, dari 50 soal yang disajikan yang harus selesai dalam durasi 60 menit ternyata ada 80 orang memeroleh nilai terendah 74 dan tertinggi 96 dengan waktu pengerjaan kurang dari 15 menit.

Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak SMP jaman sekarang mampu melakukan sesuatu dengan tepat, cepat dan benar. Semua peserta memiliki kesempatan yang sama dalam mengerjakan soal. Kecepatan dan ketepatan dalam menjawab menjadi dasar penilaian kuis ini.

Peringkat pertama kuis pekan kedua dipegang oleh Shahnaz Wijaya dari SMPN 1 Semarang dengan waktu 13:43:00 (96), peringkat kedua adalah Akiela Indra Nugroho dari SMPN 19 Semarang dengan waktu 13:45:16 (94) dan Raja Lingsar dari SMPN 80 Jakarta dengan waktu 13:48:11 (94). Selain hadiah kuota Rp 200.000, ketiga peserta ini berhak mendapatkan sertifikat penghargaan yang ditandatangani Pangkohanudnas Marsda Imran Baidirus. Pemberian sertifikat penghargaan untuk peringkat pertama, kedua dan ketiga ini sudah dimulai sejak kuis putaran minggu pertama.

Kelas Panglima
Para peserta kuis Penjaga Langit ini memang dituntut untuk disiplin dan mengikuti aturan main karena banyak hal yang akan menjadi kisi-kisi kuis pekan berikutnya. Sejak pekan ini, ada Kelas Panglima yang harus diikuti oleh seluruh calon peserta. Dalam Kelas Panglima ini, ada penuturan Panglima Kohanudnas terkait pengetahuan umum sejarah Indonesia yang merupakan bahan soal kuis putaran berikutnya. Kelas Panglima pekan ini menjelaskan tentang sejarah Pesawat Terbang Dakota RI–001 Seulawah, yang merupakan cikal bakal berdirinya perusahaan penerbangan niaga pertama, Indonesian Airways.

“Saya kira pekan depan peminat dan daerah asal akan bertambah, mengingat anak-anak SMP memiliki cara memengaruhi rekan-rekannya. Selain itu, peminat kuis Penjaga Langit ternyata juga dilirik oleh banyak siswa SMA dan siswa SD. Banyak pertanyaan yang masuk ke Kohanudnas terkait target siswa SD dan SMA. Daerah asal peserta perlu kami pantau secara detail terkait dengan misi Kuis Penjaga Lagit yang ingin menanamkan cinta tanah, air dan udara bagi anak-anak SMP dengan cara yang tepat,” jelas Imran Baidirus.

Menurut catatan, para peserta berasal dari Semarang, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Makasar, Biak, Valin, Cimahi, Banyumas, Rantau Prapat, Lumajang, Medan, Cianjur, Kediri, Maros, Serang, Kudus, Tulang Bawang, Sumedang, Sidoarjo, Banyuwangi, Musi Banyuasin, Kutai Utara, Kota Yogyakarta, Sleman, Siak, Magetan, Brebes, Wonogiri, Ngawi, Bekasi, Lhokseumawe, Subang, dan Kabupaten Bandung.

Selain itu, juga dari Bandung Kota, Bogor, Surakarta, Cirebon, Banjarmasin, Pekanbaru, Palembang, Madiun, Soppeng, Penajam Paser Utara, Solok, Batam, Sumbawa, Sragen, Malang, Bondowoso, Magelang, Purworejo, Surabaya, Mamuju Tengah, Denpasar, Pematangsiantar, Tulungagung, Takalar, Aceh Besar, Rote Ndao, Tenggarong, Pekalongan, Bnatul, Bangkalan, Bangka, Karanganyar, Boyolali, Pontianak, Palangkaraya, Kebumen, Lamongan, Padang Pariaman, Tuban, Gorontalo Utara, Bolaangmongondow, Bener Meriah, Bandar Lampung, Garut, Bangka, Sukoharjo, Buleleng Bali dan Banjarmasin.

Kuis Penjaga Langit akan tayang setiap hari Kamis, pukul 13.00 WIB. Untuk mengikuti permainan ini, para calon peserta harus melakukan registrasi dengan cara follow Twitter https://twitter.com/penjagalangit62?s=08 atau @penjagalangit62.

Selain itu, juga akun Instagram https://www.instagram.com/p/CAAGoirJNe8/?igshid=150kef3i6e5nm atau penjagalangit1962.



Sumber: BeritaSatu.com