H-2 Lebaran, Polda Banten Perintahkan 396 Kendaraan Mudik Putar Balik

H-2 Lebaran, Polda Banten Perintahkan 396 Kendaraan Mudik Putar Balik
Sejumlah petugas di posko perbatasan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin (11/5/2020) melakukan pemeriksaan pengemudi dan penumpang kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk mencegah pemudik dari wilayah zona merah penyebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19. ( Foto: Handout )
Laurens Dami / CAH Jumat, 22 Mei 2020 | 20:24 WIB

Serang, Beritasatu.com - Sebanyak 396 unit kendaraan mudik baik roda dua maupun roda empat diperintahkan putar balik, dua hari menjelang Idulfitri di wilayah hukum Polda Banten. Jumlah kendaraan sebanyak itu terdiri dari 252 unit kendaraan pribadi, 12 unit kendaraan umum dan 132 unit sepeda motor.

Hal tersebut diketahui setelah Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten melakukan analisa dan evaluasi harian terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Kalimaya 2020 yang saat ini memasuki hari ke-28.

"Hasil Operasi Ketupat Kalimaya di hari ke-28, angka pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna lalu lintas tercatat 2 kali pelanggar yang di berikan sanksi tilang dan 51 pelanggar yang diberikan teguran," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (22/5/2020).

Baca JugaJelang Lebaran, Ditlantas Polda Banten Tekan Angka Pelanggaran Lalu Lintas

Wibowo menyebutkan dari hasil analisa dan evaluasi operasi ketupat saat ini, untuk angka kecelakaan lalu lintas terjadi 4 kali, korban yang meningal dunia 4 orang, luka berat 2 orang dan luka ringan 2 orang

Sedangkan untuk giat Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas (Dikmas Lantas) yang dilakukan Ditlantas Polda Banten dan jajaran meningkat dibanding tahun sebelumnya, di mana saat ini tercatat sebanyak 7 kali melakukan kegiatan preemtif dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, serta sebanyak 10 kali kegiatan melakukan pemasangan spanduk/baliho imbauan tertib lalu lintas.

Baca Juga: Polda Banten Distribusikan Insentif untuk 350 Tukang Becak

"Selain giat preemtif, upaya preventif pun mengalami peningkatan tercatat sebanyak 286 kali kegiatan pengaturan, 182 kali giat penjagaan, 16 kali giat pengawalan dan 145 kali melaksanakan giat patroli,” ujar Wibowo.

Terkait ganguan Kamtibmas, tercatat sebanyak 2 kali terjadinya kejahatan konvensional dan 2 kali kejahatan transnasional di wilayah hukum Polda Banten.

Sedangkan untuk kegiatan operasional di Pelabuhan Merak tercatat 17 kapal, dengan trip 21 kali, penumpang sebanyak 39 orang, kendaraan roda empat sebanyak 172 unit, kendaraan bus 3 unit, kendaraan truk 250 unit serta operasional di Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang tercatat 8.026 unit kendaraan yang melintas. [149



Sumber: BeritaSatu.com