Presiden Jokowi Salat Id di Masjid Istana Bogor

Presiden Jokowi Salat Id di Masjid Istana Bogor
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. ( Foto: Dok )
Vento Saudale / JAS Sabtu, 23 Mei 2020 | 22:08 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Presiden Jokowi akan melakukan Salat Id di masjid komplek Istana Bogor Baitussalam. Pada masa pandemi Covid-19, kegiatan silaturahmi atau open house di Istana Bogor pun ditiadakan.

Seperti yang diutarakan Juru Bicara Presiden bidang Sosial, Angkie Yudistia, memastikan Jokowi tidak akan mudik ke Solo pada Lebaran tahun ini. Besok, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan merayakan Idulfitri di Istana Bogor.

“Untuk silaturahmi atau open house sementara ditiadakan mengingat kondisi yang tidak memungkinkan,” ujar Angkie Yudistia.
Meskipun sedang dalam suasana Idulfitri, lanjut Angkie Yudistia, Presiden menegaskan akan tetap memantau perkembangan situasi nasional, utamanya penanganan pandemi Covid-19.

Sementara itu, mengikuti imbauan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Kebun Raya Bogor (KRB) menghentikan kegiatan salat berjamaah Idulfitri (Id) yang biasa digunakan Presiden Joko Widodo bersama warga. Jokowi rencananya akan melakukan Salat Id di masjid Baitussalam Istana Bogor.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KRB kerap menjadi tempat Salat Id berjamaah warga Kota Bogor tak terkecuali Presiden Jokowi.

"Salat Id tahun ini (di Kebun Raya Bogor) ditiadakan," kata Humas Kebun Raya Bogor Zainal Arifin, saat dihubungi, Sabtu (23/5/2020).

Menurutnya, kebijakan tersebut merujuk Peraturan Pemerintah Kota Bogor terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penyelenggaraan ibadah solat Idulfitri untuk menghadiri penyebaran Covid-19.

"Jadi berdasarkan peraturan itu (Solat Idulfitri di Kebun Raya Bogor) ditiadakan,," ungkapnya.

Kebijakan ini, tambah Zainal, telah disosialisasikan dengan pemasangan spanduk-spanduk di seputaran Kebun Raya Bogor juga melalui media sosial.

"Sudah kita mulai pasangkan spanduk-spanduk (pemberitahuan)," tutup Zainal.



Sumber: BeritaSatu.com