Kasus Positif Covid-19 di Provinsi Jambi Berpotensi Meningkat Pascalebaran

Kasus Positif Covid-19 di Provinsi Jambi Berpotensi Meningkat Pascalebaran
Penanganan pasien yang diduga terinfeksi virus korona. (Foto: AFP)
Radesman Saragih / LES Senin, 25 Mei 2020 | 16:11 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Kasus positif virus corona (Covid-19) di Provinsi Jambi pasca-Lebaran (Idulfitri) diperkirakan meningkat menyusul masih banyaknya pelanggaran protokol kesehatan menjelang hingga saat Idulfitri di daerah itu.
Perkiraan peningkatan kasus positif Covid-19 di Jambi juga dimungkinkan karena masih banyaknya pasien dalam pengawasan (PDP) dan meningkatnya orang dalam pemantauan (ODP) di daerah itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah di Jambi, Senin (25/5/2020) menjelaskan, salah satu indikasi dari potensi peningkatan kasus positif Covid-19 di Jambi pasca-Lebaran, yakni bertambahnya empat orang pasien baru positif Covid-19

Sedangkan ODP di daerah itu sebanyak 81 orang, PDP (63 orang) dan PDP yang sedang menjalani uji swab (35 orang).

“Pertambahan pasien positif Covid-19 di Provinsi Jambi yang diumumkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat pada hari Lebaran, Minggu (24/5/2020) ada empat orang. Keempat pasien baru positif Covid-19 tersebut berasal dari PDP yang selama ini menjalani isolasi di rumah sakit. Jadi total pasien positif Covid-19 di Jambi menjadi 95 kasus,”katanya.

Dijelaskan, selain adanya penambahan pasien positif Covid-19, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh di daerah itu juga bertambah. Jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat, Minggu, ada lima orang.

Dengan demikian total pasien positif Covid-19 yang sembuh di Jambi hingga Senin sudah mencapai 13 orang.

Johansyah mengatakan, untuk mengantisipasi peningkatan kasus positif Covid-19 di Jambi, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi akan terus meningkatkan sosialisasi mengenai protokoler kesehatan di seluruh lapisan masyarakat, swasta dan pemerintahan. Hal yang sama juga diharapkan dilakukan seluruh gugus tugas Covid-19 kota dan kabupaten.

“Kami berharap seluruh lapisan masyarakat di Jambi mematuhi protokoler kesehatan pasca-Lebaran mencegah peningkatan kasus Covid-19. Kemudian gugus tugas penanganan Covid-19 kota dan kabupaten terus mengintensifkan rapid test (tes cepat) untuk mendeteksi penularan Covid-19 di masyarakat,” katanya.

 



Sumber: BeritaSatu.com