Wisata Pantai Banten Ditutup, Polisi Lakukan Penjagaan Ketat

Wisata Pantai Banten Ditutup, Polisi  Lakukan Penjagaan Ketat
Ilustrasi (Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin)
Laurens Dami / WBP Senin, 25 Mei 2020 | 20:15 WIB

Serang, Beritasatu.com - Polda Banten melakukan penjagaan ketat objek wisata pantai pada libur Idulfitri. Sebanyak 146 personel kepolisian disiagakan di sejumlah titik objek wisata di Banten.

Penjagaan ketat objek wisata pantai itu dilakukan guna mencegah warga berlibur ke pantai menyusul kebijakan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Bupati Pandeglang Irna Narulita terkait penutupan sementara objek wisata pantai. Ini merupakan salah satu langkah mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Baca juga: H+1 Lebaran, 37.878 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Objek wisata yang ditutup yakni Pantai Anyer dan Pantai Cinangka, Kabupaten Serang. Selain itu, Pantai Carita dan objek wisata Pantai Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang. 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Bupati Pandeglang Irma Narulita mengeluarkan surat edaran terkait penutupan sementara beberapa tempat wisata, salah satunya merujuk kepada objek wisata pantai yang berada di wilayah Provinsi Banten. "Surat edaran tersebut mengenai tindak lanjut pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Banten," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo selaku Kasatgasda Operasi Ketupat Kalimaya 2020 di Serang, Senin (25/5/2020)

Wibowo menjelaskan bahwa sebanyak 146 personel jajaran Polda Banten disiagakan untuk melakukan pengamanan di lokasi wisata pantai "Personel kami tugaskan untuk melakukan pengamanan dan memberikan imbauan serta sosialisasi terkait adanya surat edaran tersebut kepada masyarakat sekitar atau pun pengunjung,” ujarnya.

Lebih lanjut Wibowo menjelaskan untuk penutupan sementara seluruh destinasi wisata akan berlangsung hingga dua minggu terhitung dari 20 Mei hingga 3 Juni 2020 mendatang.

Wibowo berharap, para pelaku wisata untuk menindaklanjuti surat tersebut. Masyarakat juga diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. “Dengan ini kami beritahukan kepada pengelola wisata untuk menutup sementara destinasi wisata yang ada. Bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan diri dengan berprilaku hidup sehat di berbagai tempat, menghindari keramaian, dan perjalanan tidak penting,” pesannya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan wisata. "Untuk objek wisata pantai yang berada di wilayah hukum Polda Banten untuk sementara ditutup. Jadi lebih baik kita merayakan hari kemenangan di rumah saja. Sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19," ujar Edy Sumardi.



Sumber: BeritaSatu.com