IGI Usulkan Sekolah Dibuka Januari 2021

IGI Usulkan Sekolah Dibuka Januari 2021
Ilustrasi sekolah diliburkan (Foto: Antara)
Maria Fatima Bona / IDS Senin, 25 Mei 2020 | 22:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim menyarankan sebaiknya tahun ajaran baru dimulai pada awal Januari bersamaan dengan sekolah kembali dibuka.

“Lebih baik sekolah diundur ke Januari 2021 saja biar jelas persiapannya. Kemdikbud jadi punya waktu selama satu semester untuk meningkatkan kompetensi guru yang keteteran selama ini,” kata Ramli kepada SP, Senin (25/5/2020).

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat melakukan rapat kerja dengan Komisi X Dewan DPR, Rabu (20/5), menegaskan keputusan pembukaan kembali sekolah akan ditetapkan berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, bukan oleh Kemdikbud.

Menurutnya, IGI siap membantu Kemdikbud menjalankan upaya peningkatan kompetensi guru di Indonesia dalam enam bulan ke depan. Kemdikbud cukup menerbitkan satu lembar surat yang memberikan kepercayaan kepada IGI untuk meningkatkan kompetensi guru tanpa diberi anggaran.

"Belajar daring bisa dilakukan secara optimal, dengan syarat guru memiliki skill yang baik, kuota data tersedia, dan alat seperti gawai atau laptop tersedia. Namun, saat ini kenyataannya tidaklah demikan," ujarnya. 

 



Sumber: BeritaSatu.com