Siapptn Targetkan Tryout Akbar Diikuti 100.000 Peserta

Siapptn Targetkan Tryout Akbar Diikuti 100.000 Peserta
Ilustrasi ujian tulis berbasis komputer (UTBK). (Foto: Antara)
Iman Rahman Cahyadi / CAH Selasa, 26 Mei 2020 | 16:43 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mengharuskan para siswa untuk belajar dari rumah. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi kesempatan bagi para calon mahasiswa baru agar tetap mempersiapkan diri menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) secara maksimal.

Siapptn bekerja sama dengan President University memfasilitasi calon mahasiswa baru dalam belajar dan meningkatkan kemampuan mengerjakan soal UTBK melalui tryout akbar Siapptn 2020. Siapptn adalah situs belajar online yang berfokus pada persiapan masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Tryout akbar Siapptn akan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Juni 2020 dan dilakukan secara online melalui website siapptn.com. Soal yang akan diujikan adalah soal-soal TPS yang terdiri dari penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, pemahaman bacaan dan menulis, dan pengetahuan kuantitatif.

Peserta tryout akbar SIAPPTN akan ditargetkan sebanyak 100.000 peserta di seluruh Indonesia. Melalui tryout ini sebagian keuntungan dari pendaftaran akan didonasikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Siapptn setiap bulannya menyelenggarakan tryout UTBK gratis dan telah diikuti oleh para calon mahasiswa baru dengan rata-rata 25.000 peserta di setiap tryout. Pada tryout akbar ini Siapptn ingin memfasilitasi para calon mahasiswa baru untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi UTBK," ujar CEO Siapptn M Zulfikar Meylendra dalam keterangan resminya kepada media, Selasa (26/5/2020).

"Selain itu, semangat yang ingin kami bawa adalah dengan mengkampanyekan #TOSambilDonasi. Harapannya melalui tryout akbar ini Siapptn dapat melibatkan para calon mahasiswa baru bergerak bersama meringankan beban masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19. Momentum ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil peran dalam membantu beban saudara-saudara kita,” sambung dia.

Menurut Zulfikar dengan target 100.000 peserta pada tryout akbar Siapptn diharapkan mampu memberikan gambaran yang mendekati sesuai dengan ujian UTBK sesungguhnya. 

Sebagai upaya meningkatkan semangat belajar dan berkompetisi, Siapptn bekerja sama dengan President University memberikan hadiah berupa uang tunai dan beasiswa kuliah di President University. Total hadiah yang akan diberikan senilai Rp 10 miliar untuk 30 peserta dengan nilai tryout terbaik.



Sumber: BeritaSatu.com