Bamsoet Harap Dana Kartu Prakerja Diberikan Full Insentif

Bamsoet Harap Dana Kartu Prakerja Diberikan Full Insentif
Ilustrasi pendaftaran program Kartu Prakerja. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / WBP Selasa, 26 Mei 2020 | 19:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah kembali membuka gelombang keempat pendaftaran peserta Kartu Prakerja pada hari ini. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengimbau kepada masyarakat, khususnya bagi yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) untuk segera mendaftarkan diri.

"Bagi masyarakat yang di-PHK, dirumahkan, juga bagi yang bekerja di sektor pariwisata dan industri, agar segera mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja, agar bantuan insentif dapat segera disalurkan," kata Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR, Selasa (26/5/2020).

Di sisi lain, dia juga mendorong pemerintah dapat melakukan evaluasi menyeluruh dari program Kartu Prakerja tersebut. Tujuannya untuk mempermudah syarat pemberian insentif atau mengalokasikannya menjadi bantuan tunai secara utuh.

"Dikarenakan situasi pandemi saat ini lebih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan tunai maupun sembako, dan terbatasnya akses internet bagi sejumlah masyakarat," kata Bamsoet.

Dia juga mendorong pemerintah agar dapat memenuhi dan memetakan kebutuhan masyarakat. Artinya, ada evaluasi yang dilakukan terkait metode yang selama ini digunakan. Dengan demikian, pelatihan dalam program Kartu Prakerja disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan memiliki prosedur berkualitas.

"Harus dipastikan yang disajikan adalah pelatihan yang benar-benar dibutuhkan serta efektif jika dilakukan secara online," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com