Bamsoet Minta Aparat Antisipasi Arus Balik Lebaran ke Jakarta

Bamsoet Minta Aparat Antisipasi Arus Balik Lebaran ke Jakarta
Pemerintah memperketat pengawasan larangan mudik jelang Hari Raya Idulfitri 2020.
Markus Junianto Sihaloho / CAH Selasa, 26 Mei 2020 | 21:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta agar aparat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta dalam menangani arus balik masyarakat ke Jakarta pasca-libur Idulfitri 1441 Hijriah.

Bamsoet, sapaan akrabnya, menyatakan hal itu setelah muncul perdebatan soal adanya potensi ancaman baru penularan virus Covid-19 di wilayah Jabodetabek setelah Lebaran. Ini seiring kembalinya sebagian warga Jakarta dari kampung halaman baik yang mudik sebelum adanya larangan mudik maupun yang sesudah atau pemudik yang lolos dari pemeriksaan.

Menurut Bamsoet, kuncinya adalah di aparat yang menjaga di titik-titik perbatasan. Politikus Golkar itu mendorong aparat yang bertugas untuk secara konsekuen melaksanakan peraturan Gubernur DKI Jakarta yaitu Pergub Nomor 47 tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca Juga: Bamsoet Minta Pemprov DKI Seleksi Ketat Pemberian SIKM

"Ini guna membantu Pemerintah Daerah DKI dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19," kata Bamsoet, Selasa (26/5/2020).

Bamsoet mengatakan dirinya juga mendorong agar aparat, khususnya satgas percepatan penanggulangan Covid-19, mengantisipasi arus balik ke Jakarta. Yakni dengan memperbanyak titik-titik penyekatan (check point) untuk masuk wilayah Jakarta khususnya dan wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Aparat juga sebaiknya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat serta memberlakukan karantina pribadi bagi pemudik yang masuk ke wilayah Jakarta, guna menghindari kluster baru penyebaran virus Covid-19," tukas Bamsoet. 

Baca JugaBamsoet: Indonesia Masih Miliki Rasa Solidaritas dan Gotong-royong

Kepada masyarakat yang telanjur keluar dari Jakarta, Bamsoet mengimbau untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu dekat. Mereka harus berkontrusi pada upaya mencegah munculnya episentrum baru penyebaran virus Covid-19.

Lebih jauh, diapun memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mematuhi kebijakan pemerintah dengan tidak mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para petugas kesehatan yang terus bekerja keras penuh dedikasi dalam melayani dan merawat para pasien yang terinfeksi Covid-19 tanpa kenal lelah," kata Bamsoet.



Sumber: BeritaSatu.com