Mobil Laboratorium di Surabaya Bisa Deteksi Covid-19 dalam 40 Menit

Mobil Laboratorium di Surabaya Bisa Deteksi Covid-19 dalam 40 Menit
Doni Monardo. (Foto: B1/Mohammad Defrizal)
Ari Supriyanti Rikin / AB Rabu, 27 Mei 2020 | 10:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meninjau mobil laboratorium biosafety cabinet (BSC) level dua untuk pemeriksaan spesimen dari swab test di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/5/2020). Hasil pemeriksaan spesimen bisa diketahui dalam waktu 40 menit. 

Lewat telekonferensi, Doni menjelaskan bahwa kerusakan perangkat di satu laboratorium di Surabaya memengaruhi pemeriksaan spesimen orang yang diduga terinfeksi Covid-19. Untuk itu, pemerintah pusat mengirim dua unit mobil laboratorium ke kota itu.

"Tadi pagi sudah tiba di Surabaya pukul 05.30 WIB waktu setempat satu unit mobil," katanya.

Mobil laboratorium tersebut dilengkapi fasilitas ruang bertekanan negatif serta mesin pemeriksa spesimen dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dengan teknologi terbaru dari Korea Selatan. Kedua mobil tersebut akan memudahkan dan mempercepat pemeriksaan spesimen pasien.

Dengan berbagai fasilitas dan peralatan yang tersedia di dalam mobil laboratorium tersebut, petugas bisa mengetahui hasil pemeriksaan untuk mendeteksi infeksi virus corona tipe baru dalam waktu sekitar 40 menit.

Kecepatan pemeriksaan menggunakan mobil laboratorium tersebut akan mendukung percepatan pendeteksian infeksi virus corona di kalangan orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Pihaknya berencana untuk menambah tiga unit mobil BSC level dua untuk melakukan uji sampel lapangan di wilayah Lumajang, Kota Surabaya, dan Sidoarjo. 

"Jadi ada tiga mobil lagi yang akan kita upayakan untuk dikirim dalam rangka membantu Gugus Tugas Daerah Provinsi Jawa Timur," ucapnya.



Sumber: ANTARA