Kerinci Jadi Percontohan New Normal Covid-19 di Jambi

Kerinci Jadi Percontohan New Normal Covid-19 di Jambi
Ilustrasi normal baru. (Foto: AFP)
Radesman Saragih / JEM Rabu, 27 Mei 2020 | 13:30 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Pemerintah pusat menetapkan Kabupaten Kerinci  menjadi pilot project (proyek percontohan) New Normal (normal baru) terkait pandemi Covid-19 di Provinsi Jambi. Penetapan Kerinci proyek percontohan New Normal itu, karena Kerinci memiliki produktivitas ekonomi yaitu perkebunan teh dan kulit manis.

New Normal yang diprogramkan pemerintah pusat saat ini terkait dengan aspek ekonomi dan kesehatan. Sekitar 70% dasar penerapan New Normal terkait produktivitas ekonomi dan 30% aspek kesehatan. Karena itu Kerinci yang memiliki potensi ekonomi besar ditetapkan sebagai salah satu daerah proyek percontohan New Normal,”kata Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Sudirman di Jambi, Rabu (27/5/2020).

Menurut Sudirman, untuk menerapkan New Normal di Kabupaten Kerinci saat ini telah dipersiapkan beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut, yakni prakondisi, sosialisasi dan edukasi public untuk mempersiapkan masyarkat dan aparatur pemerintah melaksanakan New Normal.

Setelah itu nanti baru dilanjutkan dengan penyiapan data epidemologi, tingkat kesehatan, prioritas kegiatan, koordinasi, saling sinergi mempersiapkan daerah, monitoring, evaluasi dan penegakan hukum.

“Kegiatan yang telah dipersiapkan untuk melaksanakan New Normal di Kabupaten Kerinci, yakni gerakan membagi masker, gerakan perilaku bidup bersih dan sehat, termasuk penyediaan hand sanitizer serta ketaatan penerapan physical distancing (jaga jarak),”katanya.

Dijelaskan, berdasarkan rapat koordinasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi mengenai penerapan New Normal, jajaran pemerintah di Provinsi Jambi telah siap melaksanakan penerapan New Normal tersebut. Saat ini daerah itu mengintensifkan persiapan – persiapan penerapan  tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi yang juga menjabat Komandan Komando Rayon Militer (Danrem) 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi, Kolonel TNI (Kav) M Zulkifli mengatakan, pihaknya sudah melakukann rapat koordinasi menindaklanjuti arahan pemerintah pusat mengenai pelaksanaan New Normal.

“Pada rapat pertama seusai Idulfitri yang kami lakukan, Selasa (26/5/2020), kami membahas persiapan penerapan New Normal, percepatan Jaring Pengaman Sosial (JPS), peningkatan pencegahan penyebaran Covid-19. Juga penerapan New Normal di bidang pendidikan, perusahaan industri, kesehatan, pariwisata, perhubungan dan pemerintahan,”katanya. 



Sumber: BeritaSatu.com