Displin Masyarakat Rendah, TNI/Polri Terlibat New Normal Sebuah Keniscayaan
Logo BeritaSatu

Displin Masyarakat Rendah, TNI/Polri Terlibat New Normal Sebuah Keniscayaan

Rabu, 27 Mei 2020 | 17:29 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal atau tatanan hidup normal baru dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional. Terkait itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa 340.000 personel TNI dan Polri akan dilibatkan, karena harus mengamankan di 1.800 lokasi. Hal ini tentu sangat dibutuhkan dalam mengawal prosedur tatanan hidup normal baru yang akan diterapkan dalam masyarakat.

"Kita hendaknya tidak mendikotomikan perlu atau tidak peran TNI dan Polri dalam penerapan new normal. Ketertiban masyarakat adalah kunci keberhasilan penanganan Covid 19," ujar pengamat militer dan intelije Susaningtyas NH Kertopati di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Pengamat yang akrab disapa Nuning itu mengatakan, warga masyarakat masih banyak yang tidak paham protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Kementerian Kesehatan. Bahkan, ada juga masyaraat yang sudah paham, tetapi malas dan tidak disiplin melaksanakannya. Hal ini yang membuat keterlibatan TNI dan Polri untuk menjaga ketertiban umum dan kedisiplinan mandiri anggota masyarakat menjadi sebuah keniscayaan.

Nuning mengatakan, keterlibatan TNI dan Polri tentu saja diharapkan juga mengikuti tiga aspek yang dinilai pada indikator kesehatan masyarakat dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yakni gambaran epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Wabah Covid-19, ujarnya, merupakan ancaman nirmiliter yang berbeda dengan ancaman militer dan ancaman nonmiliter. Ketiganya kini dikenal sebagai ancaman hibrida dan telah mengubah perspektif ancaman di masa mendatang.

"Apa yang dilakukan TNI ini sebagai salah satu wujud OMSP (operasi militer selain perang, Red) adalah penanggulangan bencana. Keterlibatan TNI dalam konteks wabah Covid-19 masuk dalam kategori penanggulangan bencana," ujar Nuning.

Dikatakan pula, senjata biologi dan pertahanan negara antisenjata biologi merupakan ilmu pengetahuan yang harus dikuasai TNI. Pada masa depan, ancaman nubika (nuklir, biologi, dan kimia) harus masuk dalam kewaspadaan kita. Para Prajurit TNI kini dituntut memiliki kemampuan tempur konvensional dan kemampuan tempur kontemporer.

Sementara, Polri dibutuhkan dalam penegakan hukum serta pengawasan aturan pemerintah di lapangan. TNI dan Polri juga diharapkan dapat bersinergi memberikan informasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Baksos (bakti sosia, Red) TNI dan Polri yang membagikan makanan siap santap atau sembako sangat bermanfaat. Contohnya, baksos yang dilakukan lewat program Universitas Pertahanan Peduli, baksos beberapa polda, polres, kodam, koarmada, dan yang lainnya," kata Nuning.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kabar Baik, IPB dan BPI-BRIN Ciptakan Oxygen Concentrator Berbahan Baku Lokal

IPB University dan Balai Pengembangan Instrumentasi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BPI-BRIN) berhasil menciptakan oxygen concentrator.

NASIONAL | 28 September 2021

Habib Luthfi: Indonesia Raya Bukan Sekadar Lagu, tetapi Ikrar

Dengan mengetahui dan mengenal sejarah maka masyarakat akan paham bagaimana para pendahulu bangsa ini berjuang dan bagaimana mereka mencintai bangsanya.

NASIONAL | 28 September 2021

Ini Upaya Sub PB PON Klaster Mimika Tertibkan Penonton PON di Papua

Jumlah tiket yang dijual saat ini sebagian besar atau 60% dijual melalui aplikasi di atas dan sisanya sebanyak 40% melalui offline.

NASIONAL | 27 September 2021

Hunian Kamar Hotel di Sumut Sudah Capai 50%

Kenaikan hunian hotel di Sumut terjadi secara bertahap sejak 24 Agustus 2021.

NASIONAL | 27 September 2021

Akhiri Masa Jabatan di APJII, Ini Catatan Kesuksesan Jamalul Izza

Ketua Umum APJII, Jamalul Izza menyebut pengurus yang dipimpinnya telah merealisasikan 94 persen amanat Munas tahun 2018.

NASIONAL | 27 September 2021

Banjir Bandang Hantam Puluhan Rumah Warga di Sumsel

Tidak ada korban jiwa untuk warga yang rumahnya rusak berat.

NASIONAL | 27 September 2021

Ini Para Sesepuh yang Memutuskan Siapa Pengganti Mangkunegara IX

Penentuan penerus takhta Mangkunegaran Solo kemungkinan setelah 100 hari wafatnya Mangkunegara IX atau sekitar akhir November.

NASIONAL | 27 September 2021

Menag: Insentif Guru Bukan PNS Madrasah Segera Cair

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, insentif ini secara bertahap akan segera cair

NASIONAL | 27 September 2021


Fahri Hamzah Apresiasi Kinerja Kejagung dalam Pemberantasan Korupsi

Fahri Hamzah mengapresiasi kinerja Kejgung dalam pemberantasan korupsi. Tolak ukurnya, penyelamatan uang negara sebesar Rp 26,1 triliun.

NASIONAL | 27 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Jalur Puncak 2


# PSI


# SBY


# PKI



TERKINI
Awali Perdagangan IHSG di Sekitar Garis Datar

Awali Perdagangan IHSG di Sekitar Garis Datar

EKONOMI | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings