Polres Majalengka Dukung Lumbung Ketahanan Pangan

Polres Majalengka Dukung Lumbung Ketahanan Pangan
Polres Majalengka panen budidaya Lele, ikan mas dan kangkung di Polsek Talaga sekaligus membagikan ke masyarakat sekitar, Kamis (28/5/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 28 Mei 2020 | 23:18 WIB

Majalengka, Beritasatu.com - Polres Majalengka terus menghasilkan terobosa dan inovasi yang dinilai berguna untuk masyarakat.

Baca Juga: Semangat Petani Produksi Pangan Diharapkan Tetap Terjaga

Di tangan kepemimpinan Kapolres Majalengka, AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso, lingkungan sekitar Polres hingga Polsek jajaran, disulap menjadi lumbung ketahanan pangan. Tidak hanya untuk warga setempat, namun ketahanan pangan akan dikembangkan untuk masyarakat di Kabupaten Majalengka.

"Kami manfaatkan lahan kosong di sekitar Polres dan Polsek Jajaran untuk budidaya ikan lele, ikan mas, sayur-sayuran seperti kangkung dan tumbuhan hidroponik,” terang Bismo saat panen budidaya Lele dan kangkung di Polsek Talaga, Kamis (28/5/2020).

Lulusan terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, program budidaya ikan lele, ikan mas, kangkung dan tumbuhan hidroponik tersebut terbukti ampuh untuk ketahanan pangan. Apalagi, saat ini beberapa wilayah bakal menuju new normal di tengah pandemi Covid-19.

"Ikan lele awalnya hanya 12 kg, hari ini kita panen sudah menjadi 250 kg, itu baru satu polsek. Jadi ini upaya nyata yang mampu membuahkan hasil,” urainya.

Baca Juga: Tekanan Sosial Berkurang karena Kepedulian Bersama

Hasil dari panen, lanjut Bismo, dibagikan untuk masyarakat. “Tadi sudah dilihat, kita bagikan beras, kangkung dan ikan lele kepada masyarakat sekitar,” paparnya.

Menariknya, tidak hanya lingkungan Polres dan Polsek jajaran. Bismo menyebut, ke depan masyarakat di Kabupaten Majalengka akan ikut dilibatkan. Termasuk kepada anggotanya.

"Kita libatkan masyarakat agar ikut budidaya, misalnya ada yang punya lahan tidak terpakai atau punya potensi apa, kita bantu. Mulai dari benih, pupuk hingga cara budidaya ikan lele, ikan mas, kangkung dan tumbuhan hidroponik,” tambahnya.

Bismo berharap, budidaya yang digagas Polres Majalengka mampu mengurangi beban masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Warga Majalengka Optimalkan Industri Rumahan

"Kalau boleh meminjam istilah bijak, hari ini kami berikan ikan. Besok kami berikan kail untuk menghasilkan sendiri ikannya,” pungkas Bismo.



Sumber: BeritaSatu.com