Logo BeritaSatu

Polres Majalengka Dukung Lumbung Ketahanan Pangan

Kamis, 28 Mei 2020 | 23:18 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Majalengka, Beritasatu.com - Polres Majalengka terus menghasilkan terobosa dan inovasi yang dinilai berguna untuk masyarakat.

Baca Juga: Semangat Petani Produksi Pangan Diharapkan Tetap Terjaga

Di tangan kepemimpinan Kapolres Majalengka, AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso, lingkungan sekitar Polres hingga Polsek jajaran, disulap menjadi lumbung ketahanan pangan. Tidak hanya untuk warga setempat, namun ketahanan pangan akan dikembangkan untuk masyarakat di Kabupaten Majalengka.

"Kami manfaatkan lahan kosong di sekitar Polres dan Polsek Jajaran untuk budidaya ikan lele, ikan mas, sayur-sayuran seperti kangkung dan tumbuhan hidroponik,” terang Bismo saat panen budidaya Lele dan kangkung di Polsek Talaga, Kamis (28/5/2020).

Lulusan terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, program budidaya ikan lele, ikan mas, kangkung dan tumbuhan hidroponik tersebut terbukti ampuh untuk ketahanan pangan. Apalagi, saat ini beberapa wilayah bakal menuju new normal di tengah pandemi Covid-19.

"Ikan lele awalnya hanya 12 kg, hari ini kita panen sudah menjadi 250 kg, itu baru satu polsek. Jadi ini upaya nyata yang mampu membuahkan hasil,” urainya.

Baca Juga: Tekanan Sosial Berkurang karena Kepedulian Bersama

Hasil dari panen, lanjut Bismo, dibagikan untuk masyarakat. “Tadi sudah dilihat, kita bagikan beras, kangkung dan ikan lele kepada masyarakat sekitar,” paparnya.

Menariknya, tidak hanya lingkungan Polres dan Polsek jajaran. Bismo menyebut, ke depan masyarakat di Kabupaten Majalengka akan ikut dilibatkan. Termasuk kepada anggotanya.

"Kita libatkan masyarakat agar ikut budidaya, misalnya ada yang punya lahan tidak terpakai atau punya potensi apa, kita bantu. Mulai dari benih, pupuk hingga cara budidaya ikan lele, ikan mas, kangkung dan tumbuhan hidroponik,” tambahnya.

Bismo berharap, budidaya yang digagas Polres Majalengka mampu mengurangi beban masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Warga Majalengka Optimalkan Industri Rumahan

"Kalau boleh meminjam istilah bijak, hari ini kami berikan ikan. Besok kami berikan kail untuk menghasilkan sendiri ikannya,” pungkas Bismo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Buntut tragedi Kanjuruhan, PSSI memutuskan untuk menghentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama satu pekan dan melarang Arema FC menjadi tuan rumah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Dikabarkan Bertambah Jadi 62 Orang

Korban tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dikabarkan bertambah menjadi 62 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Arema FC Akan Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sisa Musim Liga 1

Komisi Disiplin PSSI menegaskan bahwa Arema FC bisa terkena sanksi tidak dapat menjadi tuan rumah di sisa laga BRI Liga 1 2022/2023.

NEWS | 2 Oktober 2022

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Video Ribuan Suporter Merangsek Masuk Lapangan

Beredar video yang menunjukkan suporter merangsek masuk lapangan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan: Aturan FIFA, Gas Air Mata Terlarang

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, PSSI: Arema Bisa Kena Sanksi Keras

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga BRI Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2022.

NEWS | 2 Oktober 2022

Persebaya Berduka atas Korban Tewas dalam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Persebaya Surabaya menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan usai laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi di Kanjuruhan, PSSI Segera Investigasi

PSSI segera melakukan investigasi terkait kerusuhan yang berujung tragedi di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Gas Air Mata Dituding Penyebab Jatuhnya Korban di Kanjuruhan

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dipandang karena tembakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepemilikan Satwa Liar, KLHK Minta Masyarakat Miliki Izin

Kepemilikan Satwa Liar, KLHK Minta Masyarakat Miliki Izin

NEWS | 27 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings