Longsor di Ulu Manna, Arus Transportasi Darat Bengkulu Selatan Belum Normal

Longsor di Ulu Manna, Arus Transportasi Darat Bengkulu Selatan Belum Normal
Petugas melakukan perbaikan pada jalan yang tertimpa longsor. (Foto: ANTARA)
Usmin / LES Jumat, 29 Mei 2020 | 15:52 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Arus transportasi darat di jalan nasional Bengkulu Selatan- Tanjung Sakti, Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), sampai Jumat (29/5/2020), masih belum normal karena longsor. Timbunan tanah masih menutupi badan jalan di Kecamatan Ulu Manna, Bengkulu Selatan, belum berhasil disingkirkan petugas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan BPBD setempat.

Keterangan dihimpun di lapangan menyebutkan, tanah longsor yang menimbun badan jalan nasional di Kecamatan Ulu Manna sepanjang 8 meter dengan ketinggian 5 meter. Akibatnya, kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas di jalan tersebut.
Longsor terjadi di Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna pada Kamis (28/5/2020) setelah hujan lebat melanda daerah ini sejak Rabu (27/5/2020) malam hingga Kamis dini hari.

Namun, longsor yang terjadi di Desa Kayu Ajaran tersebut, tidak menelan korban, karena saat kejadian tidak satupun kendaraan baik roda dua maupun empat yang melintas di jalan nasional ruas Bengkulu Selatan-Tanjung Sakti. Sumsel tersebut.

Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Deddy Nata, di Bengkulu, membenarkan, terjadi longsor di Kecamatan Ulu Manna, sehingga arus transportasi darat di ruas Bengkulu Selatan-Tanjung Sakti, Sumsel terputus, akibat badan jalan tertimbun material longsor.

Namun, sampai Jumat siang, sebagian tanah longsor sudah berhasil disingkir pihak DPU Bengkulu Selatan dibantu BPBD setempat dengan mengerah alat berat ke kolasi langsor, tapi arus arus lalu lintas di daerah belum berjalan normal.

Pasalnya, arus kendaraan di jalan tersebut diberlakukan satu arah, karena sebagian timbunan tanah longsor di badan jalan di Desa Ajaran belum berhasil dibersihkan akibat keterbatasan alat.

Kepala Dinas PUPR Bengkulu, Mulyani mengatakan, untuk mengatasi timbunan tanah longsor di jalan Manna, Bengkulu Selatan -Tanjung Sakti pihaknya sudah berkoordinasi dengan DPU dan BPBD Bengkulu Selatan.

 



Sumber: BeritaSatu.com