Pemprov Sumut Siapkan Transisi Menuju New Normal

Pemprov Sumut Siapkan Transisi Menuju New Normal
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (Foto: Beritasatu TV)
Arnold H Sianturi / LES Jumat, 29 Mei 2020 | 16:01 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) sedang menyiapkan strategi masa transisi menuju tatanan kehidupan baru (New Normal). Konsep ini sedang digodok supaya penerapannya tidak menambah daftar jumlah korban di tengah pandemi Covid-19.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan, ada tiga pilihan di tengah pandemi virus corona yang masih berlangsung, yaitu new normal, berjalan sesuka hati, dan ketiga survival (orang yang kuat ikut, dan yang lemah mati).

"Pilihan kita adalah new normal, sehingga konsepnya perlu dibahas. Semoga konsep ini rampung dalam 14 hari ke depan. Kita akan menerapkan sekaligus memikirkan apa yang harus dilaksanakan dan dikerjakan. Sebab, vaksin Covid-19 belum ditemukan," ujar Edy, Jumat (29/5/2020).

Mantan Pangkostrad ini menambahkan, kehidupan baru yang akan diterapkan ke depannya, memang jauh berbeda dengan sebelum adanya pandemi Covid-19. Tidak ada lagi upaya jabat tangan atau salam-salaman, dan kewajiban menggunakan masker.

"New normal ini untuk menghidupkan perekonomian tetap berjalan, sosial budaya tetap berjalan, semua kegiatan tetap berjalan tetapi kita berbuat di celah-celah kondisi pandemi. Hal lainnya, kita pelajari untuk sekolah dan rumah ibadah," katanya.

Menurutnya, penerapan dalam mengaktifkan kembali sekolah di daerah pandemi Covid-19 seperti di Medan, perlu dilakukan kajian lebih mendalam. Begitu juga dengan membuka kembali rumah ibadah di daerah pandemi dengan kabupaten lainnya, juga berbeda.

"Untuk sementara ini, untuk sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK), masa belajar dari rumah diperpanjang. Ini juga dipikirkan, konsep yang dikerjakan seperti apa, sehingga tidak mungkin anak - anak ini terus tidak sekolah," sebutnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com