JK: Saatnya Umat Kembali ke Masjid

JK: Saatnya Umat Kembali ke Masjid
Ketua Umum DMI HM Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)
Rully Satriadi / RSAT Jumat, 29 Mei 2020 | 19:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla mengatakan saatnya umat bersiap kembali ke masjid, dan masjid kembali melayani umat untuk beribadah sesuai dengan protokol kesehatan.

“MUI menentukan fatwa, DMI menata teknis dan menyosialisasikan bagaimana pelaksanaannya,” ujar JK panggilan akrab Jusuf Kalla saat silaturahim dan rapat khusus terbatas bersama pimpinan PP DMI, Jumat, (29/5/2020).

Hadir dalam rapat tersebut antara lain KH Abdul Manan Gani, Ketua KH Imam Addaruquthni, Sekjen KH Hamdan Rasyid, Ketua Umum MPP Ikatan Khatib bersama wakil ketua, KH Ghufron, serta Munawar Fuad Noeh, Direktur Program DMI Pusat.

Agenda rapat membahas kesiapan masjid di situasi New Normal untuk membuka kembali pelaksanaan ibadah salat lima waktu, salat Jumat, dan Hari Raya, termasuk kegiatan lain seperti pengajian dan dakwah di masjid.

JK menjelaskan DMI memperjuangkan hak beribadah setiap umat Islam bagaimana rumah ibadah dapat berfungsi kembali dengan standar protokol Covid-19.

“Kalau Mal mau buka, stasiun, bandara dan pelabuhan buka, masjid juga harus buka kembali. Bahkan masjid itu lebih aman daripada Mal,” tegas JK.

Selanjutnya menurut JK, DMI akan berkoordinasi dengan pemerintah, MUI dan ormas Islam, untuk memastikan masjid dan musala tetap dapat menjadi “rumah Tuhan” yang melayani jemaah.

“Diperlukan koordinasi yang matang antara pemerintah pusat dan daerah, Gugus Tugas Nasional sampai ke bawah, serta para pengurus DKM/takmir dapat mempersiapkan diri bagaimana standar dan teknis pelaksanaannya,” tambahnya.

Selanjutnya DMI akan menyampaikan panduan teknis dan pelaksanaan ibadah di masjid setelah mematangkan koordinasi dengan MUI, Kementerian Agama, dan Gugus Tugas, serta berbagai pihak terkait.



Sumber: BeritaSatu.com